Inilah Efek Bersepeda Setiap Hari yang Perlu Diwaspadai!

Salah satu olahraga yang sangat menyenangkan adalah bersepeda. Baik tua maupun muda dapat melakukan olahraga sepeda. Selain mudah dilakukan, bersepeda juga dapat membuat badan menjadi lebih sehat. Begitu banyak manfaat yang dapat kita dapatkan dari olahraga yang satu ini, mulai dari otot kaki menjadi lebih kuat, meningkatkan kesehatan jantung, hingga membantu merilekskan pikiran yang tertekan.

Namun meskipun memiliki banyak manfaat, kegiatan bersepeda juga memiliki efek yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa efek bersepeda setiap hari:

1. Meningkatkan resiko mandul

Bagi pria, kegiatan bersepeda setiap hari menjadi ancaman bagi organ reproduksi. Hal ini dikarenakan adanya gesekan yang terjadi antara jok sepeda yang keras dengan tulang ekor. Posisi tulang ekor yang berada di antara buah zakar dengan anus membuat saraf pada daerah tersebut terus mendapatkan tekanan.

Jika terlalu sering bersepeda, terutama dengan jok yang keras, maka organ reproduksi akan terganggu seperti ti,bulnya masalah ereksi bahkan dapat meningkatkan resiko kemandulan jika dilakukan dalam jangka panjang. Maka dari itu, sangat penting memilih jok yang lembut dan nyaman ketika bersepeda.

2. Timbul masalah pada lutut

Masalah lain yang mungkin timbul akibat bersepeda setiap hari adalah munculnya masalah pada lutut. Gerakan mengayuh sepeda yang berulang kali dapat memperbesar gesekan pada lutut. Jika lutut tidak mendapatkan pelumas yang baik, maka lutut akan menjadi kering dan mudah mengalami kerusakan pada sendi.

3. Cedera tulang punggung

Posisi tulang punggung yang membungkuk ketika bersepeda dapat meningkatkan resiko terkena cedera tulang punggung, terutama pada kaum wanita. Sebagaimana diketahui, wanita memiliki resiko mengalami osteoporosis dibandingkan dengan pria.

Jika seorang wanita terus bersepeda setiap hari maka ia akan mudah mengalami cedera tulang punggung dibandingkan wanita yang tidak bersepeda. Cedera tulang punggung biasanya terjadi ketika mengangkat beban yang berat akibat kurang kuatnya tulang belakang menopang beban dalam kondisi tegak lurus.

4. Masalah pada rahim

Tak hanya menggangu organ reproduksi pria. organ reproduksi wanita juga akan mendapatkan gangguan. Adanya goncangan ketika bersepeda yang terjadi terus menerus menyebabkan masalah pada rahim. Rahim akan lebih lemah akibat terlalu sering mengalami goncangan.

Itulah 4 efek bersepeda setiap hari yang perlu diketahui. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga dapat menjadi referensi peringatan bagi kita ketika bersepeda.