Inilah Manfaat Slow Jogging yang Belum Banyak Diketahui Orang!

Bagi para pecinta olahraga, slow jogging tentu merupakan salah satu latihan ringan yang sering dilakukan. Begitu pula dengan para pekerja kantoran yang mungkin tidak memiliki waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk berolahraga secara rutin.

Namun meskipun slow jogging tidak menggunakan kekuatan yang benar-benar penuh atau maksimal dan dilakukan seolah-olah sedang santai, maka sebenarnya manfaat dari slow jogging sendiri sangatlah besar. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa manfaat slow jogging yang belum banyak diketahui orang:

Tubuh tidak mudah stress

Bagi orang yang tidak biasa melakukan olahraga yang berat, maka slow jogging adalah solusinya. Slow jogging akan membuat otot, sendi, ligamen, dan anggota tubuh lainnya tidak mudah stress akibat tekanan yang tiba-tiba.

Gerakan slow jogging akan membuat tubuh lebih mudah beradaptasi untuk menerima beban yang berat saat berolahraga. Selain itu, slow jogging yang dilakukan setelah olahraga yang berat juga akan membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Menyehatkan jantung

Siapa bilang berolahraga ringan tidak menyehatkan jantung? Melakukan slow jogging secara rutin terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot jantung. Olahraga yang terlalu berat justru akan berakibat buruk bagi jantung, sedangkan olahraga yang ringan seperti slow jogging lebih aman dan menyehatkan untuk jantung.

Slow jogging secara perlahan akan memastikan jantung bekerja dengan baik. Ritme detak jantung yang ditingkatkan dengan pelan tapi pasti akan membuat otot jantung menjadi lebih aktif dan lebih kuat.

Menyehatkan pikiran

Seluruh olahraga bukan hanya menyehatkan badan saja, tapi juga mampu memberikan dampak yang sangat positif bagi pikiran. Begitu pula dengan slow jogging. Slow jogging mampu membuat badan dan pikiran sehat secara bersamaan. Slow jogging akan melepaskan hormon endorfin yang memicu rasa senang.

Tak hanya sekedar kegiatan berlarinya saja yang membuat pikiran menjadi lebih tenang, tapi ketika melakukan slow jogging, biasanya kita bisa berlari sambil mengobrol atau menikmati pemandangan sekitar sehingga konsentrasi tidak hanya berfokus pada lari saja. Kegiatan sambil bersosialisasi inilah yang akan semakin menyehatkan pikiran.

Mencegah penyakit

Meskipun kegiatan olahraga ringan, namun slow jogging juga mampu melindungi diri dari penyakit yang cukup berbahaya. Dengan slow jogging, maka kamu akan terhindari dari penyakit kolesterol karena banyak kolesterol yang dibuang ketika berlari.

Slow jogging juga dipercaya mampu mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Penyakit ini dapat menyebabkan kepikunan yang luar biasa bahkan melupakan diri sendiri. Namun dengan slow jogging, syaraf di otak akan lebih aktif sehingga tidak gampang terkena Alzheimer.

Itulah beberapa manfaat slow jogging yang perlu diketahui. Olahraga memang tak harus dengan yang berat-berat, bahkan olahraga ringan seperti slow jogging saja sudah mampu memberikan manfaat yang luar biasa jika dilakukan secara rutin.