Ternyata Inilah Perbedaan Lari Estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 yang Perlu Diketahui!

Lari estafet adalah salah satu nomor lari dalam atletik yang sangat menarik untuk dilihat. Dalam lari estafet, setiap pelari akan membawa tongkat yang akan dioper satu sama lain. Jumlah pelari dalam lari estafet sendiri adalah 4 orang.

Lari estafet sendiri terdiri dari dua macam, yakni lari estafet 4 x 100 meter dan lari estafet 4 x 400 meter. Keduanya memiliki perbedaan lain selain jarak yang ditempuh oleh para atlet, yakni cara melakukan pergantian tongkat.

Pada lari estafet dengan jarak 4 x 100 meter, maka teknik yang digunakan dalam melakukan pergantian tongkat adalah dengan cara non visual. Teknik pergantian tongkat dengan cara non visual adalah dengan menerima tongkat tanpa melihat ke belakang.

Pelari yang akan menerima tongkat berlari pelan di dalam area pergantian tongkat dengan tetap fokus ke depan, sedangkan tangan terulur ke belakang bersiap menerima tongkat yang akan diberikan oleh pelari sebelumnya. Ketika tongkat sudah menyentuh tangan, pelari tetap fokus ke depan dan berlari sekuat mungkin menuju pelari selanjutnya.

Mengapa teknik non visual digunakan dalam lari estafet 4 x 100 meter? Hal ini dikarenakan jarak yang ditempuh sangat pendek sehingga pelari tidak perlu berkonsentrasi ke belakang saat menerima tongkat.

Sedangkan pada lari estafet dengan jarak 4 x 400 meter, teknik yang digunakan saat pergantian tongkat adalah cara visual. Berbeda dengan cara non visual, penerimaan tongkat ini harus dilakukan dengan melihat ke belakang.

Pelari yang akan menerima tongkat harus berlari pelan di dalam area pergantian tongkat sambil fokus pada pelari yang akan memberikan tongkat. Tangan terjulur ke belakang bersiap menerima tongkat. Ketika tongkat sudah diterima, pelari harus segera mengalihkan fokusnya ke depan dan berlari sekuat mungkin menuju pelari selanjutnya.

Teknik ini digunakan karena jarak lintasan yang ditempuh lebih jauh sehingga pelari harus konsentrasi pada pelari yang akan memberikan tongkatnya.

Itulah perbedaan yang ada pada lari estafet 4 x 100 meter dengan lari estafet 4 x 400 meter. Meskipun keduanya berbeda, namun tata cara pelaksanaannya sebagian besar sama saja.