Penting, Faktor Utama yang Menentukan Lari Jarak Pendek Dalam Pertandingan!

Lari jarak pendek adalah salah satu nomor lari dalam atletik. Adapun jarak yang biasanya dilombakan dalam sebuah pertandingan lari jarak pendek adalah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan lari jarak pendek, terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa faktir utama yang menentukan lari jarak pendek:

Kekuatan

Untuk dapat memenangkan dalam sebuah pertandingan olahraga jenis apapun, termasuk lari jarak pendek, kekuatan adalah faktor utamanya. Tidak ada atlet yang bisa melakukan pertandingan dengan baik tanpa kekuatan yang baik pula.

Kekuatan disini bukan berarti memiliki kekuatan yang kuat dan bertenaga besar, melainkan kemampuan otot dan anggota tubuh lainnya dalam menerima beban yang sangat besar.

Daya tahan

Dalam pertandingan lari, hal yang penting lainnya adalah daya tahan. Seorang atlet lari dituntut untuk bisa memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik dan prima. Atlet lari harus bisa mempertahankan kemampuannya dalam menjaga kecepatan larinya agar tidak berkurang.

Daya tahan yang dimaksud adalah kemampuan menjaga stabilitas detak jantung, kekuatan otot, dan dan pernafasan selama berlari. Atlet dengan daya tahan tubuh yang baik akan mampu berlari dengan kecepatan yang semakin baik sepanjang lintasan.

Kecepatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam melakukan lari jarak pendek, kecepatan adalah faktor utama dalam menentukan kemenangan. Kecepatan disini bukan hanya sekedar berlari, namun melakukan segala sesuatu dalam waktu yang sangat singkat dan cepat. Misalnya gerakan menginjak kaki ke tanah. Gerakan ini harus dilakukan hanya dengan ujung kaki saja tanpa perlu menginjakkan kaki secara mendatar sepenuhnya sehingga waktu berlari jadi lebih singkat.

Keseimbangan

Dalam melakukan berbagai aktivitas, keseimbangan badan adalah hal yang sangat penting, apalagi dalam berlari. Ketika berlari, keseimbangan tubuh yang baik akan menghasilkan gerakan yang terkoordinasi dengan baik pula sehingga tidak akan ada masalah atau gangguan yang terjadi pada tubuh selama berlari.

Kelincahan

Seorang atlet lari sangat dituntut untuk memiliki kelincahan yang tinggi. Kelincahan yang baik akan memungkinkan atlet tersebut mampu melakukan gerakan yang lebih lentur dengan mudah, misalnya gerakan berbelok saat melewati lintasan.

Itulah beberapa faktor utama dalam menentukan kemenangan di lari jarak pendek. Namun hal terpenting adalah melakukan latihan yang rutin dan tepat sehingga kemungkinan untuk menang lebih besar.