Sponsors Link

5 Perbedaan Bola Besar Dan Bola Kecil Yang Harus Dipahami

Sponsors Link

Apakah anda sudah tahu apa saja perbedaan bola besar dan bola kecil? Tentu saja pembahasan kita kali ini bukan hanya berfokus pada ukuran dari kedua jenis bola tersebut, melainkan kepada apa saja cabang olahraga bola besar maupun juga olahraga yang masuk kedalam kategori bola kecil.

ads

Perlu anda tahu bahwasanya olahraga bola besar maupun olahraga bola kecil termasuk kedalam cabang olahraga terbesar dan yang paling sering dimainkan oleh para pemain atau atlet yang bertanding di sebuah kejuaraan nasional maupun internasional.

Beberapa olahraga yang termasuk kedalam permainan bola besar antara lain seperti sepak bola, basket, dan juga bola voli. Sementara untuk olahraga yang termasuk kedalam permainan bola kecil antara lain seperti tenis lapangan, tenis meja, kasti, kriket, dan lain sebagainya.  Adapun mengenai beberapa teknik dasar yang ada pada beberapa olahraga tersebut yang sudah pernah sebelumnya kita bahas adalah seperti teknik dasar pemainan bola basket dan juga teknik dasar permainan bulu tangkis.

1. Bola besar permainannya menggunakan tangan dan kaki

Perlu anda ketahui bahwasanya olahraga bola besar menggunakan tangan dan kaki di dalam permainannya. Bayangkan saja beberapa olahraga yang menggunakan tangan seperti bola basket dan voli, sementara olahraga yang menggunakan kaki terdapat pada sepak bola dan juga olahraga futsal.

Selain itu, olahraga yang menggunakan tangan dan kaki tentu saja memiliki beberapa peraturan yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang memainkan bola kecil seperti yang ada pada peraturan permainan sepakbola yang sudah kita bahas beberapa waktu yang lalu.

2. Bola kecil permainannya menggunakan alat

Jika bola besar merupakan sebuah olahraga yang menggunakan tangan dan kaki, dan untuk olahraga yang menggunakan bola kecil kebanyakan memang menggunakan alat, seperti misalnya raket untuk olahraga tenis meja maupun tenis lapangan.

Jika anda ingin memainkan olahraga yang masuk kedalam bola kecil, maka tentu saja anda harus membeli alat pemukulnya terlebih dahulu karena tenpa menggunakan alat pemukul maka olahraga tersebut tidak bisa dilakukan. Coba anda bayangkan jika anda melakukan kasti atau tenis meja, namun tidak ada alat pemukulnya, tentu saja olahraga tersebut tidak akan bisa berjalan.

3. Olahraga bola kecil memiliki waktu yang lebih lama

Perbedaan yang juga harus anda pahami antara bola besar dan juga bola kecil adalah rentan waktu yang ada pada permainan yang dilakukan. Untuk permainan yang menggunakan bola besar cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan olahraga yang menggunakan bola kecil, meskipun hal ini tergantung pada situasi dan kondisi dari olahraga itu sendiri.

Kami ambil contoh perbandingan antara sepak bola dan bulu tangkis. Jika misalnya tenis lapangan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk menyelesaikan setiap setnya, dan ternyata pada olahraga tersebut memiliki 3 set, maka tentu saja waktu yang dibutuhkan adalah kurang lebih 60 menit.

Sementara untuk sepak bola, olahraga ini sudah jelas diketahui oleh semua orang bahwa ia memiliki waktu 90 menit yang nantinya akan ditambah dengan Injury Time atau tambahan waktu. Maka sudah tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga yang termasuk kedalam permainan bola besar cenderung memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan dengan olahraga yang menggunakan bola kecil.

4. Bola besar memiliki bentuk yang lebih kompleks

Untuk pembahasan kita yang terakhir ini hanya berfokus pada bahan yang digunakan untuk membuat besar maupun bola kecil. Kita ambil sebuah contoh perbandingan antara bola besar yang digunakan untuk bermain sepak bola dan juga bola kecil yang digunakan oleh para pemain kasti. 

Sponsors Link

Jika anda perhatikan cara pembuatan bola untuk sepak bola, anda akan meihat bahwa proses pembuatannya pun sangat rumit karena harus menyesuaikan dengan tekanan udara dan kenyamanan ketika bola tersebut ditendang. Selain itu, bahan yang dibuat pun tidak bisa sembarangan dan beberapa diantaranya menggunakan bahan dari kulit, meskipun memang sekarang bola besar yang dibuat dari bahan kulit sudah mulai jarang ditemukan.

Sementara untuk bola kecil, ia hanya dibuat agar supaya tepat sasaran ketika dipukul dan tidak sampai berbelok karena tekanan angin. Bola kecil juga kebanyakan dibuat dari bahan sintetis seperti yang ada pada olahraga kasti, kriket, maupun baseball.

5. Bola kecil kebanyakan memiliki 1 warna

Jika anda perhatikan bola kasti, baseball, maupun kriket, anda hanya menemukan 1 variasi warna pada bola tersebut dan hampir tidak pernah ditemukan bola kecil dibuat dengan 2 warna atau lebih. Berbeda dengan bola besar seperti sepakbola dan bola voli yang kebanyakan dibuat dengan menggabungkan lebih dari 2 warna.

Itulah informasi dari kami dan semoga bisa semakin menambah pengetahuan anda mengenai perbedaan bola besar dan bola kecil.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 11th, October 2018 / 08:24 Oleh :
Kategori : Penjaskes