Sponsors Link

Inilah 3 Perbedaan Piala Dan Trophy Yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya baik piala maupun trophy merupakan dua hal yang dijadikan sebagai pemberian terhadap seseorang karena ia telah mencapai target atau kejuaraan tertentu. Piala maupun trophy sering diberikan kepada seseorang yang mengikuti lomba di bidang olahraga seperti salah satunya yaitu sepak bola. Sekilas memang kedua kata ini memiliki kemiripan, padahal ada beberapa hal yang membedakan diantara keduanya seperti misalnya perbedaan yang ada pada perbedaan sepakbola dan futsal.

ads

Baik paial maupun trophy, dua kata ini sampai saat ini sudah banyak yang menggunakannya tanpa memperhatikan bahwasanya sebenarnya terdapat beberapa perbedaan diantara dua kata tersebut. Untuk mengetahui apa saja perbedaan di antara piala maupun trophy, kami sarankan agar supaya anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Berbeda bentuk

Hal pertama yang menjadi sebuah perbedaan piala dan trophy adalah terletak pada bentuknya. Perlu anda tahu bahwa pada zaman dahulu piala merupakan sebuah hal yang diperoleh dari kepala atau bagian tubuh lainnya bagi lawan atau musuh yang telah dikalahkan atau yang telah dibunuh di dalam suatu peperangan.

Sementara untuk piala yang sekarang ini biasanya berbentuk seperti mangkuk, cangkir, atau cawan, seperti yang anda lihat pada beberapa kejuaraan dunia dimana bentuk piala yang diberikan adalah berbentuk seperti cangkir. Namun terkadang piala juga ada yang berbentuk seperti manusa seperti yang ada jumpai pada Emmy Award.

Dan untuk trophy sendiri lebih berbentuk seperti tubuh patung kecil yang mana biasanya hal ini diberikan pada kejuaraan olahraga saja. Dengan kata lain, jika piala bisa diistilahkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan selain olahraga seperti Emmy Award, namun untuk trophy merupakan penghargaan yang diberikan pada ajang olahraga saja seperti misalnya sebuah klub yang mendapatkan piala dari cabang olahraga sepakbola.

2. Piala adalah bagian dari trophy

Hal kedua yang membedakan antara piala dan trophy adalah mengenai istilah atau cakupan dari kedua kata tersebut. Perlu anda tahu jika seseorang berbicara tentang trophy, maka yang ada dipikiran orang tersebut yakni piala karena memang piala merupakan bagian dari trophy dan khusus untuk ajang olahraga.

Lantas bagaimana dengan piala? Seperti penjelasan yang telah kami berikan sebelumnya bahwasanya piala tidak termasuk trophy. Jika seseorang berbicara dan mengatakan bahwa orang tersebut mendapatkan piala, maka yang ada dipikiran orang tersebut bukan adalah ia bisa mendapatkan piala karena memang ia telah memenangkan sebuah kejuaraan olahraga atau orang tersebut mendapatkan piala karena telah memenangkan sebuah penghargaan di dalam dunia perfilman seperti misalnya piala yang diberikan untuk posisi pemain basket terbaik.

3. Piala cenderung gelar individu

Perlu anda tahu bahwa perbedaan selanjutnya antara piala dan trophy adalah terletak pada gelar yang ia ikuti atau yang ia menangkan. Seseorang yang melakukan pertandingan secara individu seperti yang ada pada profil Michael Schumacher yang memenangkan kejuaraan F1 beberapa kali, maka penghargaan yang ia berikan bisa dikatakan sebagai sebuah piala.

Sponsors Link

Sementara bagi seseorang yang mengikuti sebuah kejuaraan secara berkelompok seperti sepakbola, bola basket, maupun olahraga dengan beregu lainnya, maka penghargaan yang ia peroleh atas pencapaiannya tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah trophy. Beberapa contoh trophy yang dimenangkan oleh kejuaraan adalah seperti trophy Liga Inggris, trophy Liga Champions, dan lain sebagainya.

Akan tetapi anda juga harus ingat bahwa di luar sana masih ada orang yang mengatakan sebuah penghargaan untuk kesebalasan atau beregu sebagai piala, namun hal ini masih jarang terjadi atau kurang familiar.

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa saja hal yang membedakan antara piala dan juga trophy yang sampai saat ini banyak yang bingung dengan istilah tersebut. Intinya adalah kedua hal ini meskipun diucapkan secara “sembarangan” yang hanya bertujuan memberikan istilah mengenai penghargaan yang dimenangkan cabang olahraga tersebut, maka hal ini masih bisa ditoleransi.

Kecuali jika orang tersebut malah menyebut istilah medali sebagai piala atau trophy karena tentu saja baik medali maupun piala atau trophy sangat-sangat berbeda. Semoga informasi yang kami berikan kepada anda dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Sponsors Link
,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 02:25 Oleh :
Kategori : Penjaskes