Piala Presiden 2019: Menang di Laga Terakhir, Persija dan Madura United Lolos dari Fase Grup

Dua tiket perempatfinal sudah jadi milik dua wakil Grup D, yaitu Persija Jakarta dan Madura United. Hasil tersebut usai dua tim itu sukses meraih kemenangan di laga terakhir Grup D. Madura United yang bersua Borneo sukses menang tipis 1-0, sementara Persija Jakarta tekuk tuan rumah PSS Sleman dengan skor meyakinkan 2-0.

Dengan hasil ini Persija mengoleksi poin 7 dan lolos sebagai juara grup unggul selisih gol dari Madura United. Sedangkan skuad Sape Kerrab sudah hampir dipastikan meraih jatah tiket ke perempatfinal setelah berhasil mengumpulkan 7 poin sehingga mereka layak untuk menjadi salah satu runner up terbaik.

Tekuk Borneo FC 1-0, Madura United Jaga Peluang Lolos ke Perempatfinal

Madura United membidik kemenangan untuk menjaga peluang mereka lolos ketika bersua dengan perwakilan dari Kalimantan, Borneo FC. Bermain di Stadion Maguwoharjo Sleman, di luar dugaan Borneo yang sudah dipastikan tidak lolos bermain sangat taktis dengan mampu mengimbangi skuad bergelimang bintang milik Madura.

Duel sengit antara Renan Silva dan Slamet Nurcahyo dan Asep Berlian
Duel sengit antara Renan Silva dan Slamet Nurcahyo dan Asep Berlian

Meskipun begitu Madura sukses tampil sangat tenang di sepanjang laga dan menjaga pertahanan mereka dari serangan serangan pasukan Pesut Etam. Deadlock di sepanjang pertandingan baru bisa pecah di menit ke-75, David Laly yang masuk sebagai pemain pengganti sukses cetak gol lewat skema tendangan bebas untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Hingga laga berakhir tak ada lagi gol tercipta sehingga Madura berhak atas tiga poin dan berhasil membuka peluang lebar lebar lolos ke perempatfinal sebagai salah satu runner up terbaik.

Tekuk Tuan Rumah PSS Sleman, Persija Melenggang Mulus ke Perempatfinal

Sementara itu di laga Grup D lainnya, Persija yang tersentak dengan kemenangan Madura United langsung tancap gas sejak awal laga melawan PSS demi mengejar hasil kemenangan. Namun perjuangan Macan Kemayoran tak semudah yang dibayangkan, karena di luar dugaan PSS yang baru promosi musim ini berhasil tampil lebih agresif.

Saling serang kedua tak membuahkan apapun di babak pertama, namun di babak kedua Persija berhasil tampil leboh efektif. Legiun asing anyar mereka, Bruno Matos sukses buka keunggulan Persija lewat sundulan. Alih alih mencetak gol, pasukan Super Elja justru harus kembali kebobolan di menit akhir, Bruno Matos yang ambil sepakan penalti sukses robek gawang Dhika Bhayangkara untuk mengunci kemenangan 2-0 Persija.

Riko Simanjuntak dan Bruno Matos jadi kunci kemenangan Persija atas PSS
Riko Simanjuntak dan Bruno Matos jadi kunci kemenangan Persija atas PSS

Dengan kemenangan tersebut Persija sukses keluar sebagai juara Grup D, unggul selisih gol dari Madura United. Mereka juga berhak atas satu tiket ke babak perempatfinal, yang tentunya membuka peluang mereka mempertahankan gelar Piala Presiden yang musim lalu sukses mereka raih.