Posisi Thierry Henry Sebagai Pelatih Ditangguhkan oleh AS Monaco

Kabar mengejutkan datang dari salah satu klub peserta Ligue 1 Perancis, yaitu AS Monaco. Sang pelatih, Thierry Henry baru saja ditangguhkan statusnya sebagai pelatih oleh jajaran manajemen AS Monaco. Catatan buruk yang Henry raih selama memimpin skuad Les Rogues, disinyalir mejadi faktor utama penyebab hal ini terjadi kepada dirinya.

Thierry Henry sendiri resmi ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco pada bulan Oktober 2018 yang lalu, dirinya dipilih untuk menggantikan posisi Leonardo Jardim yang membawa Monaco ke dalam keterpurukan. Namun sayang alih alih membawa Monaco keluar dari zona degradasi dan mengangkat kembali performa klub, pelatih yang merupakan legenda Arsenal itu justru membuat situasi tak menjadi lebih baik, dengan membawa Monaco masih menetap di zona degradasi dan gagal membawa Monaco lolos dari fase grup Liga Champions.

Thierry Henry sedang memberikan arahan kepada anak asuhannya
Thierry Henry sedang memberikan arahan kepada anak asuhannya

Trek Rekor Thierry Henry selama Melatih AS Monaco

Catatn Henry sendiri selama memimpin AS Monaco sebagai pelatih pun dinilai cukup buruk, dimana dari 21 laga yang Monaco lalui di semua kompetisi, Radamel Falcao dan kawan kawan hanya sanggup meraih 4 kemenangan dengan menelan 11 kali kekalahan, sementara sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Jumlah kebobolan yang dialami Monaco pun sangat banyak, dimana dari 21 laga itu gawang Monaco sudah dibobol musuh sebanyak 39 kali, sedangkan Monaco sendiri hanya mampu mencetak 14 gol. Rapuh di belakang, tumpul di depan, jelas menjadi masalah besar bagi skuad yang musim lalu keluar sebagai runner-up Ligue 1 ini. Hanya tertinggal 3 poin dari SC Amiens yang berada di posisi 17 atau batas zona aman, tentu belum terlambat bagi Monaco untuk berbenah.

AS Monaco akan Mempertimbangkan untuk Memecat Henry dan merekrut kembali Leonardo Jardim

Dilansir dari BBC Sport, status Henry kini sudah ditangguhkan dan selanjutnya posisinya akan digantikan oleh asiste pelatihnya, Franck Passi untuk memimpin Monaco sampai ada keputusan lanjutan atas nasib Henry. Dengan ditangguhkannya status Henry ini membuat rumor pemecatannya meruak, kabarnya manajemen Monaco sedang mempertimbangkan untuk memecat Henry demi mengembalikan Monaco ke posisi yang semestinya.

Sebagai gantinya, nama Leonardo Jardim dikabarkan akan kembali direkrut oleh Les Rogues sebagai pelatih kepala. Jardim sendiri meskipun dianggap telah gagal sebelum Henry masuk, namun ia tetaplah salah satu pelatih yang tak asing bagi Monaco, pasalnya di musim 2016-2017 dirinya mampu membawa klub yang bermarkas di Stade Louis II tersebut mematahkan dominasi PSG sebagai kampiun Ligue 1.