Preview Leg II Perempatfinal Liga Champions 2018-2019: Misi Berat MU Comeback di Camp Nou

Malam nanti misi sulit akan dijalani oleh Manchester United saat harus lakoni laga Leg II babak perempatfinal Liga Champions menghadapi Barcelona di Camp Nou. Laga ini sangat berat bagi MU selain karena ia akan bermain di hadapan fans Barca, namun mereka juga dalam posisi tertinggal satu gol usai pada Leg I mereka harus mengakui keunggulan Los Cules 0-1 saat bermain di Old Trafford.

Mendapat suntikan moril berharga saat sukses menangi laga pekan ke-34 Liga Inggris melawan West Ham, Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih MU saat ini yakin skuadnya bisa berikan yang terbaik di laga nanti.

Sementara itu Barca yang tak mau bernasib sama seperti PSG pun memasang strategi dengan mengistirahatkan sejumlah pemain kuncinya saat Barca bertemu Huesca akhir pekan lalu. Ini jadi tanda bahwa meski unggul, skuad asuhan Ernesto Valverde sama sekali tidak menganggap remeh pasukan Setan Merah.

MU Ingin Ulang Keajaiban saat Lawan PSG, Barca Berkaca dari Kegagalan PSG

Jelang pertandingan ini jelas MU sangat berharap kejadian saat menghadapi Paris Saint-Germain di Parc de Prince bisa kembali terulang. Dimana saat itu MU yang tertinggal 0-2 di Leg I sukses membalikan keadaan saat tandang ke markas Les Parisiens yang membuat mereka lolos ke perempatfinal.

Selain itu, Camp Nou juga merupakan tempat yang bersejarah bagi MU dan bagi karir sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer. Dimana pada tahun 1999 The Red Devils lakukan comeback brilian di babak final UCL menghadapi Bayern Munchen, dengan Solskjaer sebagai salah satu tokoh utamanya. Magis Camp Nou pun juga sepertinya akan diharapkan skuad MU.

Momen saat Lionel Messi dijaga ketat oleh Luke Shaw
Momen saat Lionel Messi dijaga ketat oleh Luke Shaw

Sedangkan Barcelona sendiri jelas sangat belajar dari kegagalan PSG di babak 16 meski sudah unggul 0-2 dari MU. Barcelona bahkan rela mengistirahatkan pemain andalan mereka demi bugar saat lawan MU. Tidak sampai disitu, Barca juga sudah siapkan strategi khusus untuk bisa menekan agresifitas para pemain Manchester United.

Barcelona sendiri jelas paham apa yang dirasakan MU saat ini, karena mereka pernah merasakan tekanan harus menang di Leg II saat bertemu PSG di tahun 2015. Kala itu Barca kalah telak 4-0 di Leg I, namun berkat kegigihan mereka sukses membalikan keadaan dengan menang 6-1 atas PSG di Leg II. Hal inilah yang tentu dijadikan patokan Valverde, setidaknya ia tahu bagaimana MU akan bereaksi di laga nanti.

Prediksi Line Up Barcelona vs Manchester United

Menghadapi MU yang diprediksi akan tampil menyerang Barca sepertinya tak akan bermain bertahan, selain bukan ciri khasnya, namun keunggulan 1-0 jelas bukan kondisi yang aman sehingga mereka pun butuh gol tambahan.

Masih akan memasang tiga penyerang dengan Luis Suarez sebagai poros di tengah, Philipe Coutinho di kanan, dan Lionel Messi di kiri yang dalam pengaplikasianya El Messiah jelas akan lebih berposisi free role untuk mengecoh pertahanan lawan.

Gelandang tetap akan diisi tiga andalan, yakni Arthur, Sergio Busquets, dan Ivan Rakitic yang akan bermain saling mengcover. Di belakang duet Pique dan Clement akan tetap jadi andalan dengan Jordi Alba dan Sergio Roberto yang melengkapi di tiap sisi.

Aksi Lionel Messi yang coba lewati pertahanan Manchester United
Aksi Lionel Messi yang coba lewati pertahanan Manchester United

Sementara MU yang butuh gol untuk mengejar ketertinggalan kemungkinan besar akan kembali bermain dengan formasi tiga striker setelah sebelumnya di bawah asuhan Solskjaer lebih sering memakai strategi 4-4-2.

Marcus Rashford, Romelu Lukaku, dan Anthony Martial dipastikan akan tempati slot lini depan. Sedangkan Pogba akan jadi poros di tengah yang juga bertindak sebagai kreator. Ander Herrera yang sudah pulih kemungkinan bisa langsung dimainkan sebagai penyeimbang di tengah ditemani dengan Scott McTominay yang tampil apik di Leg I menjaga Lionel Messi.

Kemudian di belakang MU akan tetap mengandalkan Victor Lindelof yang akan diduetkan dengan Smalling yang tampil sama baiknya di Leg I. Luke Shaw yang terkena akumulasi kemungkinan akan diganti oleh Ashley Young di posisi bek kiri, sedangkan bek kanan akan jadi milik Diogo Dalot.

Sama sama mengincar gol, Barca jelas tak akan menyia nyiakan momentum sebagai tuan rumah. MU sendiri siap memaksimalkan sekecil apapun celah demi bisa kandaskan perjalanan Barca di perempatfinal ini.

Prediksi Skor Pertandingan Barcelona vs Manchester United

  • Barcelona 2-0 Manchester United