Ternyata Inilah Cara Berenang Untuk Syaraf Kejepit yang Perlu Diketahui!

Hasil gambar untuk cara berenang untuk syaraf kejepit

Gangguan syaraf kejepit merupakan gangguan kesehatan yang dapat menyerang siapa saja. Syaraf kejepit atau bahasa medisnya adalah hernia nucleus pulposus (HNP) merupakan gangguan syaraf yang dapat menyebabkan tonjolan pada permukaan ruas tulang belakang.

Syaraf kejepit dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa. Bagi sebagian besar penderita, syaraf kejepit dapat sembuh dengan sendiri dalam hitungan hari. Namun tentu saja menyebabkan aktivitas jadi terganggu.

Salah satu cara untuk mengatasi syaraf kejepit adalah dengan berenang. Meskipun syaraf kejepit menyebabkan gerakan menjadi terbatas, namun gerakan renang justru dapat mengurangi bahkan mengatasi gangguan kesehatan ini. Berikut ini adalah cara berenang yang disarankan untuk syaraf kejepit:

Mengapung

Berbaring di atas tempat tidur yang empuk memang membantu mengurangi rasa sakit pada syaraf kejepit, namun mengapung di atas permukaan air akan jauh lebih menenangkan.

Hindari gaya kupu-kupu

Meskipun berenang disarankan untuk penderita syaraf kejepit, namun terdapat beberapa gaya renang yang harus dihindari. Salah satunya adalah gaya kupu-kupu. Gaya renang yang satu ini banyak memberikan tekanan pada punggung sehingga jika dilakukan justru akan berbahaya bagi tulang belakang.

Sejajarkan pundak dan pinggang

Sebenarnya tidak ada gerakan olahraga yang benar-benar aman untuk penderita syaraf kejepit, hanya saja teknik berenang yang tepat dapat membantu mengatasi gangguan ini. Namun dengan teknik yang benar-benar tepat.

Salah satu kuncinya adalah dengan selalu memposisikan pundak sejajar dengan pinggang. Pertahankan posisi ini ketika berenang. Posisi ini akan membantu tulang belakang kembali dalam posisi normalnya.

Hindari gerakan mendadak

Meskipun disarankan untuk berenang, namun penderita syaraf kejepit tetap harus waspada dan berhati-hati ketika berenang. Jika tidak, maka syaraf kejepit justru dapat semakin parah. Hindari gerakan mendadak ketika berenang.

Berenanglah dengan pelan dan santai. Selain menghindari nyeri yang semakin parah, berenang dengan santai akan membantu menenangkan pikiran sehingga sakit yang dirasakan akan semakin berkurang.

Gaya bebas dan gaya punggung

Ada dua gaya renang yang sangat disarankan bagi penderita syaraf kejepit, yakni gaya bebas dan gaya punggung. Kedua gaya renang ini dianggap aman dan membantu punggung berada dalam posisi yang tepat. Namun kedua gaya ini tetap harus dilakukan dengan perlahan dan tenang.

Itulah beberapa cara berenang untuk mengatasi syaraf kejepit. Namun sebelum mencobanya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya agar terapi berenang lebih aman dan optimal.