Trik Dalam Lari Jarak Jauh agar Tidak Cepat Lelah

Lari jarak jauh adalah salah satu cabang olahraga yang banyak diminati. Selain sangat menyehatkan badan, lari jarak jauh juga membawa perubahan emosi yang baik bagi pelarinya. Sensasi lari yang dirasakan mampu menjadi pelepas stres.

Namun bagi yang baru saja memulai latihan lari jarak jauh, mungkin akan merasakan cepat lelah, padahal baru beberapa menit berlari. Lelah pada saat berlari sebenarnya dapat dikurangi. Berikut ini adalah beberapa trik agar tidak mudah lelah saat melakukan lari jarak jauh:

1. Ayunkan tangan saat berlari

Lari jarak jauh memang menggunakan kaki sebagai bagian tubuh dominannya, tapi bukan berarti bagian tubuh lain tidak mampu mendukung kecepatan saat lari jarak jauh. Salah satu bagian tubuh yang mampu menambah kecepatan sekaligus mengurangi rasa lelah adalah tangan.

Matthew Uohara, CEO Hale Inu Strength and Conditioning, tangan memiliki peranan penting dalam lari. Dengan mengepalkan tangan dimana kondisi ibu jari di dalamnya, lalu mengayunkan tangan ke arah belakang sekuat mungkin saat berlari akan mengurangi tekanan pada kaki saat berlari. Hal ini diakibatkan adanya dorongan dada dan bahu yang menyebabkan ayunan kaki lebih pendek.

2. Jari kaki menghadap ke langit

Usahakan untuk berlari dengan posisi jari kaki menghadap ke langit. Kebanyakan orang menapakkan kaki lurus di atas tanah sehingga gerakan mengayuh kaki saat berlari jadi lebih lama dan mudah lelah. Dengan memposisikan jari kaki menghadap ke langit, maka posisi pinggul dan panggul akan menimbulkan dorongan yang lebih cepat sehingga tubuh tidak membutuhkan banyak energi untuk berlari.

3. Buat tahapan kecepatan

Siapa bilang dengan memulai lari dalam kecepatan maksimal akan membuat kita menjadi lebih cepat sampai ke garis finish? Pemikiran seperti inilah yang menyebabkan tubuh mnejadi mudah lelah sehingga tubuh kehabisan energi sebelum sampai ke tujuan.

Sebaiknya gunakan tahapan kecepatan dalam melakukan lari jarak jauh. Gunakan kecepatan yang biasa saja ketika baru memulai pertandingan. Lalu naikkan kecepatan tiap selang beberapa menit hingga akhirnya gunakan kecepatan maksimal saat mendekati garis finish.

4. Atur nafas dengan baik

Hal yang paling penting agar tidak cepat lelah adalah dengan mengatur nafas. Aturlah nafas dengan baik agar kecepatan lari tidak terganggu dan tubuh tidak cepat capek. Atur nafas dengan satu tarikan nafas dalam dua langkah dan satu hembusan nafas dalam dua langkah.

Itulah 4 trik agar tidak mudah lelah saat lari jarak jauh. Namun perlu diingat bahwa lari jarak jauh juga membutuhkan latihan berkali-kali agar tubuh terus terbiasa dan tidak mudah lelah.