4 Aspek Dalam Senam Artistik yang Perlu Diketahui

Senam artistik adalah senam yang dilakukan dengan menggabungkan beberapa gerakan salto dan putaran yang menghasilkan kombinasi gerakan indah. Senam artistik merupakan salah satu senam yang sanat digemari di Olimpiade. Hal ini dikarenakan gerakan senam yang begitu indah dan seolah dapat menghipnotis siapa saja.

Dalam senam artistik, terdapat beberapa aspek yang sangat mempengaruhi di dalamnya. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai aspek-aspek dalam senam artistik:

Aspek Fisik

Setiap jenis olahraga apapun, aspek fisik tentunya merupakan aspek yang paling utama. Seseorang akan dapat melakukan olahraga tersebut dengan baik jika persiapan fisik yang dimiliki juga sangat baik, termasuk senam artistik.

Dalam senam artistik, terdapat banyak gerakan salto dan berputar yang membutuhkan banyak tenaga. Hal ini tentu harus diikuti pula dengan kesiapan fisik yang baik. Tubuh yang sehat dan kuat akan semakin mendukung kesempurnaan gerakan dalam senam artistik.

Untuk bisa mendapatakan fisik yang baik, maka diperlukan latihan fisik yang cukup baik pula. Berlatih lari, lompat, dan latihan pendukung lainnya akan sangat baik dilakukan guna menunjang kesempurnaan gerakan dalam senam artistik.

Aspek Intelektual

Dalam melakukan gerakan senam artistik, tidak hanya memerlukan kemampuan fisik yang memadai saja. Namun juga diperlukan kemampuan intelektual yang tinggi. Seorang atlet senam harus bisa memprediksi kemampuannya dalam melakukan lompatan, baik dalam memperhitungkan kekuatan tolakan, tempat pijakan, bahkan hingga berkonsentrasi pada gerakan selanjutnya.

Aspek intelektual inilah yang akan membantu seorang atlet mendapatkan gerakan yang baik dan tepat. Aspek intelektual juga berkaitan dengan kemampuan seseorang memikul tanggung jawab dalam menyelesaikan gerakan meskipun sulit.

Aspek Moralitas

Senam artistik juga harus didukung dengan aspek moralitas dari seorang atlet senam. Atlet senam harus bisa memiliki sifat sportif dalam mengikuti setiap pertandingan senam. Suatu pertandingan akan berjalan dengan baik dan sukses jika peserta yang ada di dalamnya memiliki sifat sportif dan semangat yang tinggi.

Aspek Mentalitas

Gerakan artistik bukan hanya sekedar gerakan senam biasa tapi harus dijiwai dengan penuh semangat. Atlet senam harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi ketika melakukan gerakan senam artistik. Ia harus optimis dalam melakukannya.

Itulah beberapa aspek dalam senam artistik. Keseluruhan aspek tersebut harus berjalan bersamaan agar setiap gerakan senam menjadi sempurna.