4 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Tolak Peluru

Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik dalam nomor lemparan. Berbeda dengan nomor melempar lainnya, tolak peluru memiliki teknik tertentu. Meskipun teknik sudah dipelajari dengan baik, namun ada kalanya kesalahan pun terjadi. Untuk menghindari kesalaah tersebut, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam tolak peluru:

1. Genggam peluru dengan benar

Salah satu kesalahan dalam tolak peluru adalah cara memegang peluru yang tidak benar. Cara memegang peluru sangat mempengaruhi tolakan saat melempar peluru. Pegang peluru tepat di atas tangan atau ujung telapak tangan dimana paling dekat jaraknya dengan jari-jari.

Renggangkan jari tengah, manis, dan telunjuk sebagai penahan peluru ke belakang. Sedangkan jari kelingking dan ibu jari menjaga peluru agar tidak tergelincir ke samping.

2. Meletakkan peluru dengan benar

Posisi meletakkan peluru sebelum melakukan lemparan juga menjadi salah satu cara untuk menghindari kesalahan dalam tolak peluru. Beberapa orang meletakkan peluru terlalu jauh dari leher atau bahkan tidak menempel pada bahu. Letak peluru yang benar adalah diletakkan di bawah telinga, tepat pada batas leher dengan pundak.

3. Tangan menolak

Meskipun cara melakukan tolak peluru nampak seperti melempar, namun sebenarnya cara melakukannya tidaklah dengan melempar. Sebagaimana namanya, tolak peluru dilakukan dengan menolak atau memberi dorongan pada peluru.

Jika peluru dilempar, justru akan terjadi cedera pada bagian pergelangan tangan. Maka dari itu, jangan sekali-kali mencoba melempar namun lakukan tolakan peluru dengan menggunakan bagian ujung pergelangan tangan yang diikuti dengan tolakan dari telapak tangan bagian atas.

4. Posisi menolak yang benar

Selain tangan yang melakukan tolakan, posisi menolak peluru juga harus dilakukan dengan benar agar daya tolakan menjadi lebih maksimal. Tarik siku menyerong ke arah belakang atas dan putar tubuh ke arah tolakan peluru. Dorong pula pinggang dan pinggul ke depan atas hingga dada agak terbuka ke arah serong atas.

Angkat dagu ke atas, lakukan tolakan ketika dada telah menghadap ke arah tolakan sepenuhnya. Ikuti pula tolakan pada bagian badan ke arah depan sehingga tenaga untuk menolak peluru lebih maksimal.

Itulah beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam tolak peluru. Namun hal yang terpenting adalah melakukan latihan sesering mungkin agar kesalahan dapat diminimalisir.