4 Kesalahan Dalam Senam Ritmik yang Sering Terjadi

Senam ritmik atau senam irama adalah salah satu jenis olahraga yang disukai oleh seluruh kalangan masyarakat, baik tua maupun muda. Dalam melakuan senam irama, dibutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa menyesuaikan gerakan dengan irama yang keluar. Keluwesan dan kelenturan tubuh dalam mengikuti irama juga menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Namun meskipun keduanya dimiliki, tetap saja kesalahan dalam senam ritmik masih belum bisa dihindarkan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam senam ritmik yang sering terjadi:

1. Tidak sesuai irama

Sesuai dengan namanya senam ritmik atau senam irama, maka gerakan yang ada di dalamnya haruslah sesuai dengan irama yang ada. Namun sering kali gerakan yang dilakukan justru tidak sesuai dengan irama. Dalam senam ritmik, setiap irama memiliki gerakan tertentu sehingga senam ritmik akan tampak lebih menarik.

Kesalahan gerakan dalam irama tertentu akan menyebabkan gerakan senam lainnya justru ikut menjadi kacau. Maka dari itu, perlu perhatian dan fokus yang benar-benar baik untuk mengenali setiap irama agar gerakan yang dilakukan cocok.

2. Terlalu banyak diam

Sesuai namanya, senam ritmik atau senam irama, maka sudah dipastikan bahwa senam ini menggunakan irama sebagai iringan gerakannya. Namun adakalanya seseorang justru lebih banyak diam dalam melakukan senam ritmik. Hal ini biasanya dikarenakan tidak mengenal atau menghafal gerakan yang ada.

Terlalu lama diam menunjukkan bahwa gerakan senam memang tidak dikuasai dengan baik. Maka dari itu, pastikan untuk mengenali dengan baik setiap gerakan sesuai dengan iramanya.

3. Tidak melakukan pemanasan

Sama seperti olahraga lainnya, senam ritmik hendaknya dilakukan dengan memulai pemanasan terlebih dahulu. Ketika seseorang tidak memulai senam dengan pemanasan, maka akan sangat mudah untuk mengalami cedera.

Lakukan pemanasan setidaknya beberapa kali gerakan agar otot menjadi lebih lentur dan tidak kaget ketika ditegangkan. Lakukan pemanasan hingga tubuh benar-benar siap untuk melanjutkan ke gerakan senam berikutnya.

4. Gerakan terlalu kaku

Banyak orang yang melakukan kesalahan yang satu ini. Gerakan yang terlalu kaku dalam senam ritmik menyebabkan gerakan senam menjadi terlihat aneh. Gerakan yang kaku biasanya akibat belum terbiasa dengan senam ritmik.

Ketidaktahuan gerakan yang sesuai dengan irama juga menyebabkan gerakan menjadi kaku akibat menunggu tampilan gerakan dari peserta senam lainnya.

Itulah beberapa kesalahan dalam senam ritmik yang sering dilakukan. Mengenali gerakan senam sesuai dengan iramanya merupakan poin penting dari keseluruhan gerakan senam.