Cara Mendaftar Menjadi Atlet Angkat Besi Indonesia

Angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup maju di Indonesia. Para atlet angkat besi banyak menyumbang medali dalam berbagai kejuaraan internasional. Namun untuk menjadi atlet angkat besi tidaklah mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi atlet angkat besi nasional. Berikut adalah syarat dan cara mendaftar menjadi atlet angkat besi:

1. Siapkan fisik

Yang namanya olahraga angkat besi tentunya membutuhkan kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya. Mengangkat beban hingga puluhan kilo berkali-kali merupakan salah satu latihan yang harus dijalani setiap calon atlet angkat besi. Dalam menyiapkan fisik untuk menjadi atlet angkat besi tidak dilakukan begitu saja, usia terbaik untuk memulai latihan fisik ini adalah usia 4,5, dan 6 tahun.

Ya, meskipun sangat muda, namun itulah usia yang paling tepat untuk memulai karir sebagai atlet angkat besi. Namun tidak menutup kemungkinan pula jika atlet angkat besi memulai latihannya di usia yang lebih matang.

2. Ikuti setiap pertandingan

Jalan menjadi seorang atlet angkat besi tidakĀ  datang begitu saja, melainkan harus dicari sejak titik terendah. Jika sudah memiliki kemampuan dalam cabang olahraga angkat besi, maka pastikan untuk selalu mengikuti kompetisi atau kejuaraan dalam tingkat apapun.

Jangan pilih-pilih untuk mengikuti sebuah kompetisi karena dalam sebuah kompetisi level antar kampung pun bisa jadi ada juri yang berasal dari Dinas Pemuda dan Olahraga yang akan melirik bakat kamu.

3. Persiapkan otak

Menjadi atlet angkat besi bukan hanya perkara otot saja, tapi juga otak. Untuk bisa masuk dan lulus menjadi atlet angkat besi, kamu akan mengikuti beberapa tes pengetahuan yang tidak memerlukan otot melainkan otak. Maka dari itu, persiapkan juga pengetahuan umum mengenai cabang olahraga angkat besi agar bisa lulu dalam tes saat mendaftar menjadi atlet nantinya.

4. Masuk ke PPLP

PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) adalah sekolah atlet yang akan menyalurkan para calon atlet untuk bertanding dalam tingkat nasional maupun internasional. Sekolah atlet ini biasanya menerima siswa yang lebih menonjol prestasinya dalam bidang olahraga. Disini para siswa akan mendapatkan bimbingan langsung dari pemerintah dan akan otomatis terdaftar sebagai atlet.

Bagi atlet yang berprestasi, pemerintah akan mengangkat atlet tersebut menjadi pegawai negeri sipil tanpa tes seleksi apapun. Hal ini hanya berlaku bagi atlet yang mengharumkan nama Indonesia.

Itulah cara mendaftar sebagai atlet angkat besi Indonesia. Namun yang terpenting adalah terus berlatih agar menjadi atlet yang berprestasi karena meskipun tidak masuk ke dalam sekolah atlet, kamu akan tetap dilirik oleh pemerintah karena prestasimu.