Sponsors Link

Ini Dia 10 Jenis Olahraga Akuatik yang Kamu Perlu Tahu

Sponsors Link

Secara sederhana, olahraga akuatik merupakan segala macam atau jenis olahraga yang aktivitasnya berhubungan dengan air. Jika melihat dari definisinya, maka kita bisa melihat ada cukup banyak kegiatan/olahraga yang berhubungan dengan air. Beberapa jenis olahraga akuatik yang paling dikenal di dunia di antaranya yaitu renang, renang indah, dayung, dan polo air. Namun, selain yang tadi di sebutkan, ternyata ada banyak lagi jenis olahraga akuatik yang lainnya. Apa saja? berikut adalah penjelasannya.

ads

1. Renang

Seperti yang tadi sudah disinggung sedikit, renang merupakan salah satu jenis olahraga akuatik yang paling dikenal di dunia.  Kepopuleran jenis olahraga air atau akuatik ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang melakukannya. Penyuka olahraga renang biasanya dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal itu karena renang memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk melatih pernafasan. Makanya tidak heran jika banyak yang melakukan cara berenang yang baik dan benar dengan bantuan sendiri maupun orang lain.

2. Renang Indah

Renang indah, atau dalam bahasa Inggis dikenal sebagai syncronize swimming merupakan salah satu jenis olahraga akuatik yang juga cukup di kenal di dunia. Olahraga ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu menggambungkan gerakan senam, tari dan renang. Olahraga ini seringkali diperlombakan dalam ajang Olimpiade renang indah dengan kategori tunggal, duet, trio dan beregu. Sama halnya dengan renang, dibutuhkan sistem pernafasan yang baik untuk menguasai jenis olahraga akuatik ini. Seringkali, seorang perenang indah perlu waktu lama untuk berada di dalam air. Jika tidak memiliki sistem pernafasan yang benar, maka akan sulit melakukan gerakan-gerakan renang indah dengan sempurna.

3. Polo Air

Jenis olahraga akuatik yang ketiga yaitu polo air. Jenis olahraga ini memadukan antara banyak jenis olahraga, di antaranya sepak bola, bola basket, renang dan gulat. Dari aturan permainan, olahraga ini sangat mirip dengan sepak bola di mana masing-masing regu memiliki seorang kiper. Nah, para pemain dari masing-masing regu harus saling berlomba untuk mencetak gol sebanyak banyaknya ke gawang lawan. Permainan ini cukup menantang karena dilakukan di dalam air. Pergerakan tubuh di dalam air harus luwes dan cepat untuk bisa mencetak gol ke gawang lawan. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan berenang yang baik dan juga kekuatan tubuh untuk dapat menghadang pemain lawan yang berusaha mencegah atau menghentikan pergerakan untuk mencetak gol.

4. Arung Jeram (Rafting)

Arung jeram atau rafting adalah salah satu jenis olahraga akuatik yang termasuk ekstrem. Bagaimana tidak? olahraga ini dilakukan di atas perahu karet berisi beberapa orang dan para pesertanya harus mengarungi jeram sungai beraliran cepat, terjal, dan berbahaya. Dibutuhkan perlengkapan khusus untuk bisa melakukan olahraga ini dengan aman. Meskipun terkesan ekstrem dan berbahaya, banyak orang yang tertantang untuk melakukannya. Bagi penyuka olahraga ekstrem, arung jeram termasuk salah satu olahraga air yang menyenangkan dilakukan, khususnya untuk melepas stress sekaligus memacu adrenalin.

5. Loncat Indah

Loncat indah merupakan jenis olahraga akuatik yang memadukan antara gerakan melompat di udara, gerakan akrobatik, dan gerakan meloncat ke dalam air (kolam). Lancat indah di mulai dari gerakan gerakan persiapan,melakukan take off  pantulan, lalu meloncat ke dalam air. Dalam olahraga loncat indah, ada lima nomor kategori lompatan yang dilombakan, yaitu papan 1 meter, papan 3 meter, singkronisasi 3 meter, singkronisasi 10 meter, dan menara 10 meter. Dalam pertandingan loncat lompat indah, poin-poin yang menjadi penilaian adalah ketepatan dalam melakukan gaya gerakan. Gaya gerakan dalam lompat indah ada 6, yaitu forward dive, backward dive, reverse dive, inward dive, twist dive, dan armstand dive. 

6. Snorkeling

Snorkeling merupakan jenis olahraga akuatik yang menggabungkan antara kegiatan berenang dan menyelam. Olahraga ini membutuhkan peralatan dasar di antaranya masker selam, baju selam, snorkel, dan kaki katak. Kegiatan ini lebih banyak dilakukan dengan tujuan untuk refreshing dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak harus bisa berenang untuk melakukan kegiatan snorkeling karena penyelam dibekali pelampung dan juga snorkel (selang untuk membantu bernafas di dalam air). Yang paling menarik dari olahraga air ini adalah penyelam dapat menikmati keindahan bawah laut, seperti kerang, terumbu karang, ikan, ubur-ubur, bintang laut, dan lain-lain.

7. Menyelam Scuba ( Scuba Diving)

Menyelam Scuba atau Scuba diving merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di bawah air.  Tidak seperti snorkeling yang bisa dilakukan siapa saja tanpa harus bisa berenang, Scuba diving tidak bisa dilakukan sembarangan karena situasi di bawah laut berbeda dengan situasi di air kolam atau sungai. Oleh karena itu, ada persayaratan utama yang wajib dipenuhi oleh penyelam, yaitu memiliki sertifikat menyelam atau license. Untuk mendapatkan sertifikat menyelam, Anda bisa mengikuti kursusnya. Kursus Scuba diving memberikan materi mengenai pengenalan alat-alat menyelam, pelajaran menyelam, dan hal-hal penting lainnya.

8. Kano

Kano merupakan salah satu jenis olahraga akuatik yang termasuk dalam olahraga dayung. Kano adalah nama jenis perahu berukuran kecil dan sempit yang digerakkan menggunakan tenaga manusia dengan cara mengayuh. Olahraga ini sekilas mirip dengan kayak namun perbedaannya dari jenis perahu yang digunakan. Jika biasanya kayak menggunakan perahu di mana bagian atasnya tertutup, kano justru sebaliknya. Kano biasanya bagian atasnya terbuka begitu saja dan kedua ujungnya berbentuk lancip. Olahraga kano sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Sprin, Slalom, dan Polo.

Sponsors Link

9. Kayak

Sama dengan kano, kayak merupakan jenis olahraga akuatik yang termasuk dalam olahraga dayung. Media yang digunakan dalam olahraga kayak adalah perahu kayak dengan bagian dek tertutup. Olahraga ini mengharuskan pendayungnya untuk meluruskan kaki ke depan. Umumnya, kayak dilakukan di wahana air seperti danau, sungai, dan laut. Dalam olahraga ini, dibutuhkan strategi berpikir cepat, ketangguhan, dan keseimbangan yang baik yang harus dimiliki oleh para pendayungnya.

10. Selancar

Jenis olahraga akuatik yang terakhir yaitu selancar atau Surfing. Selancar merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem di mana peselancar berdiri di atas papan selancar untuk menerjang ombak yang tinggi. Cara bermain surfing tidak bisa dilakukan sembarangan karena sangat berbahaya dan dapat berakibat pada kematian. Namun, bagi penikmat olahraga ekstrem, selancar bisa menjadi kegiatan yang sangat memacu adrenalin dan menyenangkan. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika berselancar yaitu memilih ukuran papan selancar yang sesuai dan memilih aksesoris selancar seperti leg rope dan wet suit. Papan selancar dan akesoris selancar merupakan bagian-bagian penting yang perlu diperhatikan, khususnya bagi para pemula.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai 1o jenis olahraga akuatik yang ada di dunia yang perlu kita ketahui. Masing-masing jenis olahraga ini biasanya memiliki variasinya lagi. Kebanyakan olahraga akuatik ini dilakukan untuk tujuan rekreasi, pelepas stress, maupun dilombakan. Dari 10 jenis olahraga akuatik tersebut, mana yang jadi favoritmu?

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 19th, September 2018 / 09:47 Oleh :
Kategori : Penjaskes