Macam-Macam Lompatan Dalam Senam Irama

Senam irama adalah salah satu bentuk senam yang banyak menggunakan gerakan lompat di dalamnya. Untuk lebih mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa macam-macam lompatan dalam senam irama:

Loop sprong

Loop sprong adalah lompatan biasa yang paling banyak terdapat dalam senam irama. Loop sprong dilakukan dengan melompat lurus ke atas dengan ketinggian yang rendah. Loop sprong biasanya juga diikuti dengan kedua tangan dibuka lebar di samping badan.

Gallop sprong

Gallop sprong adalah gerakan melompat ke depan. Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak dan kedua tangan berada di samping memegang pinggang. Lakukan gerakan melompat dengan kaki kanan diikuti dengan gerakan kaki kiri yang mengayun. Lalu lakukan pula sebaliknya. Gerakan ini biasanya dilakukan bergantian berulang kali.

Horse sprong

Horse sprong atau biasa disebut dengan lompat kuda atau lompat kijang dalam senam dilakukan dengan gerakan seperti kuda atau kijang. Mulai dengan berdiri tegak dengan kedua tangan di pinggang, lalu tekuk kaki kanan di depan hingga posisi paha sejajar. Luruskan kaki kiri di belakang. Lakukan secara bergantian dengan kaki lainnya.

Zij Sprong

ZIj sprong dilakukan dengan melakukan gerakan melompat ke samping. Awali gerakan dengan berdiri tegak, kemudian angkat kaki kanan lalu lakukan gerakan melompat ke arah kanan sedangkan kaki kiri digunakan sebagai tumpuan saat melakukan lompatan. Begitu pula sebaliknya saat ke arah kiri.

Wissel Sprong

Wissel sprong dilakukan dengan berdiri tegak kemudian tekuk kaki kanan di depan hingga lutut sejajar pinggang sedangkan kaki kiri juga ditekuk di belakang. Lalu naikkan badan dan lakukan lompatan dengan kaki lurus sambil berganti posisi. Lakukan pendaratan dengan kaki kiri di depan sambil ditekuk hingga lutut sejajar pinggang dan kaki kanan di belakang dalam keadaan ditekuk pula. Lakukan terus secara bergantian.

Koots Sprong

Koots sprong atau lompat pantul adalah gerakan melompat layaknya sedang melakukan lompatan pantulan di atas trampolin. Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak lalu melompat sambil menekuk kedua kaki dengan tangan memegang kedua lutut. Pendaratan dilakukan dengan berdiri tegak lurus dan kembali melakukan gerakan lompat.

Itulah beberapa macam lompatan dalam senam yang perlu diketahui. Setiap macam lompatan memiliki manfaat tertentu sehingga dengan mengkombinasikan banyak lompatan akan membuat tubuh mendapatkan berbagai manfaat pula.