Perbedaan Lompat Tinggi dan Lompat Galah

Dalam cabang atletik, terdapat berbagai macam jenis lompatan. Namun yang sering disamakan oleh banyak orang adalah lompat tinggi dan lompat galah. Padahal kedua jenis lompat ini berbeda. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah perbedaan antara lompat tinggi dan lompat galah.

Lompat Tinggi

Lompat tinggi adalah lompat yang dilakukan dengan melompat melewati mistar setinggi mungkin. Lompat tinggi dilakukan dengan ketinggian minimal 2,5 meter.

Cara melakukan lompat tinggi adalah dengan mundur beberapa meter sebelum tolakan kemudian lari dengan kecepatan yang tepat saat akan melakukan tolakan. Usahakan untuk berlari dengan kecepatan tetap.

Lalu lakukan lompatan dengan memindahkan tumpuan badan pada kaki yang menolak. Naikkan badan dengan sudut yang sesuai dengan jenis lompat tinggi yang dilakukan. Lengkungkan badan ketika akan melewati mistar dan usahakan badan sedekat mungkin dengan mistar.

Cara mendarat juga disesuaikan dengan jenis lompat tinggi yang dilakukan. Namun semuanya dilakukan dengan meletakkan tumpuan berat badan pada kedua kaki dan tetap menjaga keseimbangan tubuh.

Lompat Galah

Lompat galah adalah salah satu nomor lompat yang dilakukan dengan menggunakan bantuan galah. Lompat galah dilakukan dengan berjalan lalu kemudian menambah kecepatan begitu mendekati titik tumpuan. Ketika jarak tumpuan semakin dekat, maka turunkan dengan perlahan ujung galah menuju titik tumpuan.

Tancapkan ujung galah pada titik tumpuan dengan menjulurkan lengan ke arah depan bawah. Setelah galah tertancap, angkat kaki dan badan secara perlahan dan rileks. Tolak tubuh ke atas dengan menggunakan kaki tumpuaan sekuat mungkin agar ketinggian maksimal bisa dicapai.

Saat kaki kiri sudah melayang dan kedua lengan berada di atas kepala, maka angkat paha kaki kanan ke atas depan. Dorong badan ke atas sambil diputar ke arah kiri. Pada posisi ini, tangan masih tetap memegang galah sebagai tumpuan dan perut akan berada tepat di depan mistar.

Ketika setengah badan telah berhasil melewati mistar, maka pada saat itu pula mistar dilepaskan. Turunkan kaki dan fokus untuk melakukan pendaratan. Mendaratlah dengan kedua kaki dan tetap jaga keseimbangan tubuh.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam membedakan lompat tinggi dan lompat galah.