4 Teknik Memukul Dalam Permainan Softball dan Caranya

Softball merupakan salah satu jenis olahraga populer yang diciptakan George Hansock asal Amerika Serikat yang pertama kalinya dimainkan di Chicago. Meski terlihat sama, namun ada perbedaan baseball dan softball seperti peraturan dan cara bermainnya. Sedangkan untuk peraturannya sendiri diciptakan oleh Lewis Robert pada tahun 1906 yang kemudian kembali diperbaiki oleh Matthew. Teknik memukul dalam permainan softball dilakukan memakai pemukul kayu dan bola yang akan dipukul harus benar benar mengenai bidang pukulan pada pemukul kayu tersebut. Ada beberapa jenis dari pukulan pada permainan softball dan beberapa diantanya akan kami ulas berikut ini.

  1. Pukulan Lurus

Pukulan lurus adalah salah satu teknik memukul bola dalam permainan softball dengan hasil pukulan seperti namanya yakni lurus dan mendatar.

  • Awali gerakan dengan posisi menyamping dari arah datangnya bola.
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu sedangkan lutut ditekuk dan badan sedikit condong ke arah depan. Sementara pandangan diarahkan lurus ke pitcher dan kedua tangan memegang bat atau pukulan dengan ujung yang mengacung ke atas.
  • Pukulan diawali dengan mengangkat bat ke arah samping sejajar dengan bahu dan badan dimiringkan bersamaan dengan datangnya bola.
  • Bat kemudian diayunkan kearah depan hingga sejajar dengan bahu sampai bola mengenai bat dan lepaskan bola dengan arah lurus mendatar.
  1. Pukulan Melambung

Sebenarnya, pukulan bola melambung dalam softball hampir serupa dengan pukulan datar sebab pukulannya sama sama lurus yang juga merupakan salah satu teknik dasar softball. Letak perbedaannya adalah saat mengayunkan bat, pemukul diayunkan dari belakang bawah mengarah keatas dan gerakan pemukul tidak terputus.

  1. Pukulan Bola Rendah

Posisi badan yang digunakan dalam pukulan bola rendah menggunakan posisi yang hampir serupa dengan posisi bola melambung. Letak perbedaannya terletak pada ayunan dari bat atau tongkat pemukul yang dilakukan dari bagian samping kanan menuju ke samping kiri bawah memakai ayunan yang tidak terputus.

  1. Pukulan Sentuhan Bola

Untuk aturan permainan softball seperti memukul dalam softball ini, posisi tubuh, kaki dan juga lengan juga hampir serupa dengan teknik memukul lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada pemukul atau bat yang digerakkan sedikit ke arah depan sehingga bola menyentuh kayu pemukul seperti gerakan akan memukul. Hasil dari pukulan ini adalah bola yang jatuh di bagian depan bawah kaki pemukul bola tersebut.

Cara Memukul Dalam Softball

Untuk menguasai cara memukul dalam permainan softball, maka ada beberapa hal yang harus dikuasai yakni teknik grip, posisi tangan dan juga ayunan yang akan kami ulas berikut ini.

  • Grip

Saat mencengkeram bat atau pukulan, maka pemain harus menekan dengan jari dan bukan telapak tangan. Tangan bagian bawah yakni tangan kiri akan menjadi dasar dari tangan kanan untuk mengendalikan bat dan bagian atas digunakan untuk mendukung bat. Tangan kanan yang terletak di bagian atas berada tepat diatas tangan bagian bawah dalam 1 garis lurus. Selain itu, pergelangan tangan harus rileks dan pada beberapa pemain seringkali mengangkat telunjuknya sehingga hanya sedikit jari yang menyentuh bat.

  • Posisi Tangan

Untuk posisi tangan diawali dengan mendekati bagian tubuh sekitar 3 hingga 4 inci di bagian depan dada dan di antara bahu. Sedangkan untuk kedua siku diturunkan dan bahu harus dalam keadaan yang rileks. Beberapa pemain softball umumnya juga melakukan gerakan kecil secara bolak balik agar tangan dan bahu tetap rileks.


  • Swing

Swing atau ayunan dimulai dengan kaki dan pinggul sedangkan untuk tangan dan bahu tetap berada di belakang. Pemukul kemudian akan memukul bola dengan batuan kaki belakang saat bola mendekati bat yang merupakan salah satu perlengkapan softball. Kemudian lutut bagian belakang akan bergerak masuk dan pinggul di putar. Selama rotasi tersebut, posisi pinggul harus tetap sejajar. Pergerakan dari kaki dan juga pinggul sangatlah penting supaya kepala dan juga mata tetap lurus ke arah pelempar bola.

Peraturan permainan softball dalam segi teknik memukul dalam permainan softball sebenarnya hampir sama dengan teknik satu dengan yang lainnya. Namun ada beberapa letak perbedaan di masing masing teknik yang akan menghasilkan hasil pukulan bola bervariasi seperti melambung dan juga lurus mendatar.