5 Tujuan Lari Jarak Pendek

Seperti yang kita tahu bahwa lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga lari yang beberapa waktu yang lalu telah dilombakan di ajang Asian Games 2018. Lari jarak pendek merupakan olahraga lari yang menempuh jarak 100 meter. Tentu dengan jarak yang singkat atau pendek tersebut seorang atlet lari jarak pendek harus mampu mengeluarkan dan menunjukkan kecepatannya karena memang olahrga ini menuntut kecepatan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh atlet lari jarak pendek adalah dengan mempelajari mengenai teknik lari sprint karena memang jenis lari yang satu ini membutuhkan kecepatan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis olahraga lari yang lainnya.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai apa saja tujuan dari olahraga lari jarak pendek yang harus anda perhatikan:

1. Melatih ketahanan otot

Tujuan dari melakukan olahraga lari jarak pendek adalah untuk meningkatkan ketahanan otot anda. Sebenarnya tujuan ini hampir ada pada seluruh jenis olahraga yang pernah dilombakan, salah satunya yakni yang sudah terdapat pada tujuan pencak silat yang sudah kami bahas beberapa waktu yang lalu.

Olahraga lari memang akan membuat anda memiliki ketahanan otot karena memang tubuh anda hampir semuanya akan berperan di dalam olahraga lari, terutama otot kaki anda yang semakin lama semakin kuat.

Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin meningkatkan ketahanan otot, maka kami sarankan agar anda membiasakan diri untuk melakukan lari jarak pendek minimal seminggu dua sampai dengan tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Tidak ada yang bisa membantah bahwa seseorang yang rutin membiasakan diri untuk berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat. Hal ini juga termasuk ketika anda membiasakan diri untuk melakukan lari jarak pendek maupun juga untuk olahraga lari lainnya.

Yang terpenting adalah anda harus melakukannya secara rutin karena olahraga apapun yang tidak dilakukan secara rutin tentu akan membuat anda tidak bisa memiliki tubuh yang sehat jika dibandingkan dengan mereka yang rutin berolahraga.

Anda bisa melakukan lari jarak pendek minimal di pagi dan sore hari di halaman rumah anda untuk bisa memperoleh tubuh yang sehat seperti yang anda inginkan.

3. Melatih kecepatan

Lari jarak pendek memang bukan sekedar olahraga lari yang mana anda yang penting memiliki stamina yang kuat karena olahraga yang satu ini menuntut anda untuk memiliki kecepatan karena memang prinsip dari lari jarak pendek adalah seberapa cepat anda mencapai jarak tersebut dibandingkan peserta lain.

Maka dari itu, bagi anda yang ingin meningkatkan kecepatan anda, maka yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan lari jarak pendek secara rutin. Selain itu, anda juga bisa mempelajari mengenai teknik lari estafet bagi anda yang ingin mencoba untuk melakukan lari estafet karena kedua jenis olahraga lari ini sama-sama mengandalkan kecepatan.

4. Meningkatkan kelincahan

Perlu anda tahu bahwasanya lari jarak pendek juga memiliki tujuan yakni untuk meningkatkan kelincahan anda. Tidak jarang para pemain bola melakukan beberapa kegiatan rutin, salah satunya yaitu dengan lari jarak pendek agar supaya mereka mampu meningkatkan kelincahan mereka sehingga nanti akan memberikan banyak keuntungan ketika bermain sepak bola.

Sebenarnya untuk meningkatkan kelincahan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, dan salah satunya yakni dengan membiasakan diri melakukan lari jarak pendek. Oleh sebab itu, bagi anda yang saat ini ingin meningkatkan kelincahan anda untuk bermain sepak bola atau bola basket, maka anda mulai sekarang sudah harus mulai untuk membiasakan diri melakukan lari jarak pendek.

5. Membantu menurunkan berat badan

Olahraga lari juga merupakan salah satu olahraga yang dipilih untuk membantu menurunkan berat badan, dimana salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan lari jarak pendek. Memang lari jarak pendek akan membantu menurunkan berat badan karena dengan lari jarak pendek dalam waktu tertentu dan beberapa kali mampu membakar lemak anda.

Jika anda melakukannya secara rutin, maka tentu saja anda bisa memperoleh berat badan yang sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, ketika anda membiasakan diri untuk melakukan olahraga lari yang satu ini, maka anda bisa melatih ketahanan jantung anda karena memiliki jantung yang kuat akan menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tujuan lari jarak pendek. Semoga bermanfaat.