4 Cara Melatih Lompat Tinggi Dalam Volly

Permainan bola voli memang membutuhkan lompatan yang tinggi. Para pemain voli harus bisa melakukan lompatan tinggi agar bisa menjangkau bola lawan serta mengembalikannya untuk mendapatkan poin. Untuk bisa melakukan lompat tinggi saat bermain voli, berikut adalah beberapa cara melatih agar lompatan menjadi lebih tinggi:

1. Box jump

Box jump adalah latihan menguatkan kaki yang menggunakan sebuah kotak pijakan sebagai alat bantuannya. Cara melakukannya cukup mudah yakni berdiri tegak di depan kotak, lalu lakukan lompatan pendek dengan mendarat tepat di atas kotak.

Lakukan latihan ini paling tidak 10 lompatan dalam satu sesi latihan lalu terus tingkatkan jumlah lompatan pada sesi latihan berikutnya. Latihan box jump akan sangat membantu menguatkan kaki untuk bisa melompat lebih tinggi.

2. Lompat tali

Cara lain untuk bisa mendapatkan lompatan yang tinggi saat bermain voli adalah dengan latihan lompat tali. Latihan lompat tali akan membantu menguatkan otot kaki. Lakukan latihan lompat tali dengan berdiri tegak lurus dan pandangan ke depan.

Lalu ayunkan tali melewati badan sambil melompat setinggi mungkin hingga mendekati puncak ayunan tali. Lakukan latihan ini setidaknya 20 kali lompatan dalam satu sesi latihan dan tambah jumlah lompatan pada sesi latihan selanjutnya.

3. Sprint

Tak hanya melakukan latihan melompat, lakukan pula latihan untuk menguatkan kaki agar kaki lebih kuat saat melompat. Salah satunya adalah dengan melakukan latihan sprint. Latihan sprint atau lari akan membantu menguatkan otot kaki, terutama paha dan betis yang memang memainkan peranan penting dalam melompat. Lakukan sprint pada jalan yang mendatar serta sprint naik turun di tangga untuk menguatkan otot kaki. Sprint naik turun tangga akan memberikan dampak yang lebih efektif dibandingkan dengan sprint pada jalan mendatar.

4. Squat

Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk bisa melompat tinggi adalah squat. Latihan squat adalah latihan dengan berdiri jongkok. Latihan ini akan melatih otot kaki untuk melakukan gerakan dengan beban secara tiba-tiba. Lakukan squat dengan 20 kali lompatan pada sesi awal latihan, lalu tambah jumlah lompatan di tiap sesinya.

Itulah 4 latihan untuk melatih lompat tinggi dalam permainan bola voli. Lompatan akan semakin baik dan tinggi jika latihan melompat dilakukan secara rutin dan disiplin.