Inilah Kesalahan yang Biasa Terjadi Dalam Lompat Kangkang!

Lompat kangkang adalah salah satu bentuk dari senam ketangkasan. Lompat kangkang biasanya menggunakan bantuan kotak atau box khusus atau lebih dikenal dengan nama vaulting horse sebagai tumpuan tangan saat akan melakukan lompatan.

Lompat kangkang bukan hanya mnampilkan keindahan gerakan dalam senam ketangkasan, tapi juga kemampuan dan kelenturan badan pemainnya. Tidak semua orang mampu melakukan lompat kangkang dengan benar. Bahkan banyak orang yang justru melakukan lompat kangkang tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Berikut ini adalah kesalah dalam lompat kangkang yang b iasanya terjadi;

1. Posisi panggul salah

Dalam melakukan lompat kangkang, yang menjadi bagian penting bukan hanya kaki dan lengan saja. Ada juga panggul yang akan mempengaruhi sukses tidaknya lompatan yang dilakukan. Jika panggul kurang terangkat saat akan melakukan lompatan, maka kamu akan gagal melewati vaulting horse. 

2. Posisi kepala salah

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah posisi kepala yang salah ketika melakukan tumpuan lompatan. Ketika melakukan tumpuan lompatan di atas vaulting horse, posisi kepala yang terlalu ke depan menyebabkan tubuh menjadi tidak sejajar lurus. Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang dan jatuh.

3. Posisi lengan salah

Dalam melakukan lompat kangkang, dibutuhkan lengan yang cukup kuat untuk menopang badan. Ketika melakukan tumpuan lompatan di atas vaulting horse, lengan yang bengkok akan menyebabkan tubuh menjadi kehilangan keseimbangan sehingga jatuh.

4. Kepala dan dada tidak terangkat

Kesalahan lain yang sering terjadi saat melakukan lompat kangkang adalah akibat kepala dan dada yang tidak terangkat. Ketika melakukan tumpuan di atas vaulting horse, kepala dan dada harus ikut terangkat ke atas sehingga lompatan bisa dilanjutkan. Jika tidak, maka lengan akan mendapatkan beban yang terlalu berat untuk melakukan tolakan sehingga bisa terjatuh.

5. Lutut terlalu bengkok

Ketika melakukan tumpuan di atas vaulting horse, maka posisi lutut haruslah lurus. Namun jika lutut dalam posisi terlalu bengkok saat melakukan tumpuan, maka dapat mencegah badan menjadi sulit untuk melanjutkan lompatan ke depan. Posisi lutut yang terlalu bengkok juga menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang sehingga dapat terjatuh.

6. Lengan tidak kuat

Lengan merupakan tumpuan saat melakukan lompat kangkang. Jika lengan tidak dalam posisi siap atau tidak terlalu kuat untuk menopang berat badan, maka badan menjadi tidak seimbang dan terjatuh.

Itulah beberapa kesalahan dalam lompat kangkang yang biasa terjadi. Untuk menghindari kesalahan yang umum seperti di atas, maka diperlukan latihan yang intensif agar lebih terbiasa mengatasi berbagai macam masalah nantinya.