Mengenal 4 Teknik Lompat Jauh Gaya Melenting

Lompat jauh gaya melenting adalah lompatan yang dilakukan dengan gaya melentingkan tubuh diudara. Terdapat 4 teknik yang digunakan dalam lompat jauh gaya melenting. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai teknik lompat jauh gaya melenting:

Teknik awalan

Gerakan awalan pada lompat jauh gaya melenting dilakukan dengan mengambil beberapa langkah mundur ke belakang dari garis tumpuan atau tolakan. Berdiri tegak lurus dan fokuskan pandangan ke depan. Mulailah berlari menuju balok tumpuan dengan kecepatan yang terus ditingkatkan.

Teknik tolakan

Teknik selanjutnya adalah teknik tolakan. Teknik ini memerlukan konsentrasi tinggi dan gerakan yang sangat cepat. Hal ini dikarenakan dalam melakukan teknik tolakan, akan terjadi perubahan tenaga horizontal menjadi gerak vertikal atau gerakan ke atas.

Adapun cara melakukan teknik tolakan adalah dengan menghentakkan kaki tumpuan sekuat mungkin ke balok tumpuan. Lalu angkat salah satu kaki ke atas dengan bantuan tolakan kaki tumpuan. Naikkan tangan lurus ke atas untuk membantu badan melayang di udara.

Teknik melayang

Selanjutnya adalah teknik melayang di udara. Untuk bisa bertahan lama di udara, maka lentingkan tungkai kaki ke depan sejauh mungkin. Kedua tangan tetap berada di atas untuk mempertahankan badan berada di udara lebih lama. Luruskan kaki ke depan agar lentingan badan menjadi lebih jauh.

Teknik mendarat

Teknik terakhir dalam lompat jauh gaya melenting adalah teknik mendarat. Teknik mendarat dilakukan dengan fokus pada tempat mendarat. Luruskan kedua kaki ke depan untuk bersiap mendarat. Bungkukkan badan ke depan dan turunkan kedua tangan secara perlahan hingga posisinya lurus berada di depan wajah.

Lakukan pendaratan dengan kedua kaki agak ditekuk layaknya per sehingga keseimbangan badan tetap terjaga. Tangan masih dalam posisi lurus ke depan. Kemudian luruskan kaki secara perlahan diikuti dengan tangan turun ke samping.

Itulah beberapa teknik lompat jauh gaya melenting yang perlu diketahui. Untuk semakin menyempurnakan teknik tersebut, lakukan latihan dengan rutin. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan.