Sanksi Dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Kesalahan yang terjadi dalam permainan bola voli dapat dibedakan dalam dua jenis, yakni:

  1. Kesalahan saat servis. Kesalahan ini termasuk perbuatan mengulur waktu ketika akan melakukan servis, bola tidak dilambungkan ke atas, bola tidak dipukul dengan menggunakan tangan, bola yang diservis keluar lapangan, menyentuh net, melewati pembatas net, atau melewati bawah net.
  2. Kesalahan atau pelanggaran net. Kesalahan jenis ini termasuk perbuatan pemain menyentuh tiang net atau net saat permainan sedang berlangsung, pemain mengulurkan tangan hingga melewati pembatas net sebelum lawan menyelesaikan serangan, garis tengah dilewati oleh kaki pemain saat permainan berlangsung, mengganggu lawan dengan menarik baju atau anggota tubuh lainnya.
  3. Salah sikap. Perbuatan yang termasuk dalam salah sikap adalah mengeluarkan kata-kata tidak sopan, menghina, memfitnah pemain lain, petugas, atau bahkan penonton, dan melakukan tindakan menyerang berupa kekerasan secara fisik.

Berdasarkan kesalahan di atas, maka terdapat beberapa sanksi yang harus diterima oleh pemain voli. Berikut ini adalah beberapa bentuk sanksi yang akan diterima oleh pemain voli:

1. Lisan atau isyarat

Jika seseorang ketahuan melakukan kesalahan yang masih bisa dimaklumi atau dianggap ringan, seperti tidak sengaja melakukan pelanggaran servis, mengeluarkan kalimat yang tidak sopan, maka biasanya petugas hanya akan memberikan peringatan berupa isyarat atau secara lisan.

Isyarat yang digunakan biasanya adalah isyarat tangan. Tidak diberikannya sanksi tegas karena kesalahan dianggap masih bisa dihindari ke depannya dan permainan masih bisa dilanjutkan seperti biasa.

2. Hukuman atau penalti

Sanksi selanjutnya adalah hukuman atau penalti yang diberikan kepada pemain yang jelas-jelas melakukan pelanggaran. Misalnya jika pemain melakukan pelanggaran servis hingga berkali-kali, melakukan fitnah atau penghinaan terhadap lawan, serta melakukan pelanggaran net.

Adapun sanksi yang diberikan adalah berupa hukuman atau penalti dengan cara menghilangkan satu rally pada tim pemain yang melakukan kesalahan. Lawan akan diberikan angka dan hak untuk melakukan servis.

3. Dikeluarkan

Jika seorang pemain terbukti melakukan penyerangan secara fisik pada pertandingan voli, maka ia akan mendapatkan sanksi dikeluarkan dari timnya saat pertandingan sedang berlangsung. Hal ini akan merugikan tim, dan menguntungkan tim lawan. Maka dari itu, harus benar-benar disadari bahwa satu kesalahan yang dibuat satu orang bisa merusak seluruh tim.

4. Diskualifikasi

Jika penyerangan yang dilakukan cukup fatal dan membuat pertandingan menjadi kacau, maka tim tersebut akan didiskualifikasi dari pertandingan. Sedangakan kemenangan akan diberikan kepada tim lawan.

Itulah beberapa sanksi dalam permainan voli yang wajib diketahui agar bisa dihindari. Sekecil apapun kesalahan tersebut tentu akan tetap merugikan seluruh pemain dan tim.