7 Teknik Dasar Muay Thai beserta Gambarnya

Muay Thai merupakan sebuah seni bela diri yang cukup populer di Indonesia dan bahkan kini makin banyak diminati. Muay Thai atau yang juga disebut dengan istilah Tinju Thai ini merupakan sebuah seni bela diri keras yang berasal dari Kerajaan Thai karena memang olahraga ini pada zaman itu merupakan olahraga nasional kerajaan.

Banyak orang mengira bahwa Muay Thai dan Kickboxing adalah jenis olahraga yang sama, namun sebenarnya teknik dasar Muay Thai dan Kickboxing memang hampir mirip karena sekilas kelihatan tak berbeda jauh, namun tetap saja keduanya tak sama. Berikut ini adalah teknik-teknik gerakan mendasar yang perlu setiap pemula ketahui dan kuasai dengan baik.

Baca juga:

  1. Teknik Memukul

Teknik MemukulTentu saja dalam Muay Thai, ada teknik gerakan memukul yang perlu untuk dikuasai oleh para pemula. Untuk dasar memukul Muay Thai, ada 4 jenis teknik yang bisa diperhatikan, seperti berikut ini:

  • Jab – Pada teknik gerakan memukul satu ini, yang diutamakan adalah gerakan tangan yang ditinjukan secara lurus dengan target wajah atau area tubuh bagian depan sang lawan seperti halnya jab pada teknik dasar tinju. Teknik gerakan memukul ini pada umumnya adalah kejutan dari gerakan strike di mana strike sendiri diketahui menjadi gerakan yang berkekuatan tinggi.
  • Strike – Pada teknik gerakan memukul satu ini, sewaktu tangan sebelah kiri melakukan pancingan terhadap lawan menggunakan gerakan hook, tangan yang lain harus sudah siap meluncur ke arah area tubuh depan lawan secara lurus. Umumnya, target dari pukulan ini adalah wajah dan strike sendiri juga termasuk gerakan yang lebih berbobot bila dibandingkan dengan teknik jab. Gerakan ayunan dari teknik strike lebih ke belakang sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar.
  • Hook – Pada teknik gerakan memukul satu ini, fokus gerakan adalah pada gerakan tinju yang dilakukan menyamping oleh praktisi. Untuk gerakan memukul menyamping, maka target yang perlu diserang adalah bagian tubuh atau wajah bagian samping. Namun tak terbatas pada itu saja, hook juga bisa digunakan ketika hendak menyerang anggota tubuh lawan lainnya asalkan dari samping.
  • Upper cut – Pada teknik gerakan memukul ini, fokus gerakan adalah mengayunkan tangan dari bawah mengarah ke atas dan target pukulan terbilang lebih luas. Sasaran pukulan ini meliputi antara lain hampir seluruh bagian tubuh depan dan samping. Dagu dan kepala lawan juga dapat dimasukkan dalam kategori target.
  1. Teknik Memiting

Dalam olahraga Muay Thai, gerakan mengunci juga diperlukan karena olahraga ini merupakan bela diri seperti. Gerakan mengunci dilakukan dengan cara memiting lawan seperti yang juga ada dalam teknik gulat dan cara mengunci seperti ini adalah sebuah upaya dalam menjatuhkan kepala lawan sebelum kita bisa melemparkannya lagi. Maka dengan menguasai gerakan ini, tentu adalah suatu keuntungan bagi kita.

Awal dari teknik gerakan memiting adalah memegang lawan lewat badan, dan juga kepala serta leher. Sesudah lawan tak lagi seimbang, barulah serangan bisa dilancarkan dengan variasi. Supaya eksekusi dari teknik gerakan ini sempurna, perlu adanya latihan cukup agar benar-benar dapat menggunakan teknik tanpa kesalahan dan bisa berhasil menjatuhkan lawan.

Baca juga:

  1. Teknik Menendang

Teknik MenendangMuay Thai merupakan sebuah jenis olahraga bela diri yang juga menggunakan gerakan menendang selain dari memukul. Ada beberapa gerakan menendang yang juga dasar dan harus diperhatikan serta dilatih dengan baik oleh para pemula dalam seni bela diri ini, seperti:

  • High kick – Pada teknik gerakan tendangan ini, sasaran ada pada bagian kepala lawan.
  • Low kick – Pada teknik gerakan tendangan ini, sasaran ada pada anggota tubuh lawan bagian bawah. Serangan berupa tendangan dapat dilancarkan ke bagian pinggang lawan ke bawah.
  • Middle kick – Pada teknik gerakan tendangan ini, fokus gerakan mirip seperti teknik low kick, hanya saja yang membedakan hanyalah target tendangannya saja. Sasaran tendangan adalah anggota tubuh bagian depan di mana penyerangan bisa ke arah pinggang ke atas.
  • Push kick – Pada teknik gerakan tendangan ini, artinya fokus adalah pada kaki yang melakukan dorongan terhadap anggota tubuh lawan. Hanya saja, pada teknik ini, tendangan tidaklah mengandalkan kecepatan dan kekuatan karena tujuan teknik hanya untuk menjatuhkan lawan, memancing untuk gerakan selanjutnya dan juga mengambil jarak.
  1. Teknik Mendengkul

Teknik MendengkulMasih ada lagi teknik yang juga mendasar dan sangat perlu untuk para praktisi pemula menguasainya dengan baik. Dengan menguasai teknik gerakan mendengkul dengan fokus gerakan menggunakan lutut atau dengkul akan menyempurnakan teknik-teknik lainnya.

  • Hook knee – Ketika sebelumnya kita lebih membahas tentang gerakan memukul dengan teknik hook, kini gerakan mendengkul pun ada yang dikenal dengan istilah hook knee. Tentunya karena sama-sama hook, teknik serupa dengan pukulan hook hanya saja memanfaatkan bagian lutut untuk melakukan penyerangan terhadap lawan kita.
  • Circle knee – Pada praktik dari teknik mendengkul ini, kita perlu memutar anggota tubuh dan tenaga pun perlu dipusatkan pada area lutut atau dengkul. Ketika tenaga sudah berkumpul di bagian lutut, maka selanjutnya kita akan siap untuk melakukan serangan kepada bagian tubuh samping. Untuk circle knee, target serangan yang diperbolehkan adalah rusuk beserta kaki lawan bagian paha.
  • Upper cut knee – Seperti halnya pukulan teknik upper cut, pada gerakan ini pun memiliki dasar yang sama hanya saja penggunaan lututlah yang difokuskan. Penyerangan terhadap lawan dilakukan oleh bagian lutut kita dan sasarannya adalah tubuh bagian depan lawan. Serangan dengan teknik ini pun disarankan untuk dilakukan secara langsung.

Baca juga:

  1. Teknik Menyikut

Teknik MenyikutSatu lagi teknik yang juga dasar di dalam Muay Thai untuk menyerang secara efektif, yaitu dengan menyikut. Daripada melakukan pukulan dengan tangan secara langsung, memiting atau bahkan menendang, menyikut kelihatannya bukanlah hal yang mudah. Namun bila ingin menguasai Muay Thai, praktisi perlu untuk menguasai teknik-teknik gerakan ini:

  • Sikutan Vertikal – Pada teknik gerakan menyikut secara vertikal, artinya kita perlu menyikut dengan arah dari bawah ke atas atau juga sebaliknya. Penyerangan dengan teknik ini menargetkan bagian tubuh depan dari lawan di mana dalam hal ini, dagu juga termasuk area wajah yang sah-sah saja untuk diserang.
  • Sikutan Horisontal – Pada teknik gerakan menyikut secara horisontal, artinya kita perlu menyikut dengan arah ke samping. Penyerangan yang dilakukan dengan cara atau teknik ini berfokus pada bagian tubuh samping lawan. Kalaupun hendak menyerang bagian bahu dan kepala yang umumnya dilakukan menggunakan teknik ini, maka kepala dan bahu bagian sampinglah yang boleh diserang.
  • Smashing elbow – Pada teknik gerakan menyikut yang ini, cara gerakannya mirip dengan sikutan secara vertikal dan perbedaannya hanyalah pada tenaga. Gerakan dari teknik ini pun pada dasarnya hanya melakukan sikutan dari atas ke bawah. Karena merupakan smash, smashing elbow merupakan sikutan kuat yang mampu menghantam bagian tubuh. Teknik ini pun memiliki variasi, seperti flying smashing elbow.
  • Flying smashing elbow – Pada teknik ini, gerakan smash atau sikutan dilakukan dengan aksi melompat lebih dulu di mana itu artinya teknik gerakan ini akan sangat berkekuatan tinggi.
  • Upper cut elbow – Hampir mirip dengan upper cut pada teknik mendengkul dan memukul, pada aksi menyikut, gerakan menyikut dilakukan dari bawah ke atas dan penggunaan tenaga maksimal dianjurkan. Hal tersebut bertujuan supaya lawan bisa dengan lebih mudah untuk dijatuhkan.
  1. Teknik Dorongan Kaki

Teknik Dorongan KakiDorongan kaki atau jab kaki juga ada di dalam Muay Thai di mana ini merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan untuk bertahan dari serangan lawan. Pada olahraga bela diri, selalu ada yang namanya gerakan defensif, dan pada Muay Thai teknik inilah yang dipakai demi dapat mengontrol jarak maupun tangkisan lawan. Ketika melancarkan dorongan kaki, praktisi harus melakukannya secara cepat namun kekuatan tidak boleh sampai berlebihan.

Kekuatan yang ditumpukan pada kaki saat hendak didorong harus dalam kondisi yang cukup dengan tujuan supaya lawan kehilangan keseimbangannya. Ketika lawan telah hilang keseimbangannya, maka ia akan mudah untuk terjatuh.

  1. Teknik Block

Teknik BlockGerakan block memiliki tujuan atau fungsi utama sebagai pengantisipasi serangan lawan. Dengan teknik ini kita akan mampu menangkis serangan tendangan dari lawan yang biasanya dilakukan ke arah bagian rusuk kita. Dengan teknik ini jugalah, kita mampu melindungi bagian rahang karena lawan akan menyerang juga di bagian tersebut.

Latihan squat diperlukan agar praktisi mampu menciptakan block dengan kekuatan tinggi. Block biasanya dilakukan dalam beberapa jenis, yakni dengan kaki, tangan dan juga ada lagi istilah block out yang seluruhnya bisa dilatih demi membuat gerakan demi gerakan Muay Thai lebih sempurna.

Baca juga:

Demikianlah sedikit ulasan mengenai teknik dasar Muay Thai yang setiap pemula perlu ketahui dan wajib kuasai hingga benar-benar bisa.