Teknik Melakukan Passing Bawah yang Tepat Dalam Bola Voli

Passing bawah dalam permainan bola voli adalah salah satu teknik bola voli yang sangat penting untuk dipelajari dengan baik. Passing bawah merupakan serangkaian teknik dengan saling menngoper bola antar teman dalam mempertahankan diri dari serangan lawan.

Selain itu, passing bawah juga dilakukan sembari menyusun strategi untuk melakukan serangan yang tepat ke area lawan. Meskipun terlihat sederhana, namun passing bawah harus dilakukan dengan tepat agar tidak merugikan tim sendiri.

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa cara melakukan passing bawah yang tepat:

1. Posisi siap

Sebelum menerima passing bola dari teman, lakukan posisi siap terlebih dahulu. Posisi siap dalam permainan bola voli adalah dengan membuka kaki selebar bahu, lalu tekukkan kaki sedikit dan condongkan badan agak ke depan. Posisi siap seperti ini akan membantu menopang tubuh untuk menerima dorongan dari passing bola nantinya.

2. Posisi lengan

Selanjutnya adalah perhatikan posisi lengan. Rapat kan kedua lengan hingga kepalan tangan. Pastikan posisi kedua ibu jari sudah sejajar agar tangan siap menerima lemparan bola.

3. Menyambut bola

Posisi yang paling penting saat melakukan passing bawah adalah posisi ketika menyambut kedatangan bola. Pastikan kedua lengan tetap sejajar. Ayunkan kedua lengan ke arah datangnya bola dan pukul bola tepat di atas pergelangan tangan atau bagian prosimal lengan.

Tak hanya mensejajarkan posisi lengan, tapi juga pastikan kaki dalam keadaan lurus. Ubah posisi kaki yang tadinya sedikit ditekuk menjadi lurus ketika melakukan pukulan bola ke arah teman satu tim.

Selalu pastikan untuk memperhatikan gerakan bola saat melakukan pukulan passing bawah. Pukul bola agak jauh dari badan agar pukulan tepat mengenai lengan tangan. Lakukan pukulan atau passing dengan tetap mengepalkan kedua tangan dengan kuat.

4. Posisi lanjutan

Setelah melakukan passing bawah, jangan langsung melakukan posisi santai. Tetap pertahankan posisi siap dan kembali tekukkan kaki sedikit. Perhatikan kembali kedatangan bola yang harus segera disambut dengan baik.

Itulah cara untuk melakukan passing bawah dalam permainan bola voli. Hal terpenting agar bisa melakukan passing bawah dengan tepat adalah melakukan latihan rutin yang mampu melatih gerakan tangan agar terbiasa menerima dan melakukan pukulan passing bawah.