Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air yang Banyak Digunakan Atlet

Dalam cabang olahraga nomor lompat jauh, terdapat salah satu gaya yang cukup menarik untuk dilihat, yakni lompat jauh gaya walking in the air. Selain unik, gaya ini ternyata menjadi salah satu gaya yang paling banyak digunakan oleh atlet dalam pertandingan. Untuk lebih mudah memahami cara melakukan teknik yang yang populer ini, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air:

Teknik awalan

Teknik awalan dalam lompat jauh gaya walking in the air dilakukan dengan panjang lintasan sekitar 40 meter hingga 45 meter. Cara melakukannya adalah dengan berlari secepat mungkin dan semakin menambah kecepatan ketika mendekati balok tumpuan. Condongkan badan ke depan saat berlari agar kecepatan semakin bertambah. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan gaya horizontal yang besar dan bisa digunakan saat melakukan tolakan.

Teknik tolakan

Selanjutnya adalah cara melakukan tolakan. Ketika atlet sudah mendekati papan tolakan, maka gaya horizontal yang telah didapatkan pada saat berlari akan diubah menjadi gaya vertikal ke atas dan ke depan sehingga bisa melompat sejauh mungkin.

Lakukan tolakan dengan menggunakan kaki tumpuan yang paling kuat. Adapun urutan ketika melakukan tolakan adalah dimulai dari tumit, telapak kaki, kemudian ujung jari. Ketika telah mencapai ujung jari, kaki menolak sekuat mungkin ke udara.

Teknik berjalan di udara

Ketika tubuh sudah terangkat ke atas, gerakkan tangan mengayun seperti sedang berlari. Sedangkan kedua kaki diayunkan bergantian layaknya orang yang sedang berjalan di udara. Posisi tubuh seperti ini akan sangat membantu berada lebih lama di udara. Condongkan badan ke depan agar lompatan menjadi semakin jauh.

Teknik mendarat

Teknik terakhir dari lompat jauh gaya walking in the air adalah teknik mendarat. Melanjutkan gerakan berjalan di udara, perlahan luruskan kedua tangan ke depan disertai dengan kedua kaki ikut menjulur ke depan dan bersiap untuk mendarat. Mulai pendaratan dengan tumit, condongkan badan agak ke depan, kemudian sedikit tekuk kedua kaki untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air. Teknik ini akan semakin sempurna jika dilatih secara rutin. Demikianlah artikel yang singkat ini, semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua.