Sponsors Link

6 Cara Melakukan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli yang Benar

Sponsors Link

Dalam bagian dari permainan dan peraturan permainan bola voli, ada pula cara mengoper atau passing yang seharusnya dilakukan dengan benar oleh para pemainnya. Ada cara melakukan passing atas maupun bawah dalam permainan bola voli yang perlu untuk diketahui sekaligus dikuasai dengan baik. Untuk bisa menguasainya, maka latihan adalah kunci yang paling penting.

ads
  1. Memahami Fungsi Passing Atas

Passing atas pada permainan bola voli merupakan sebuah teknik dasar di mana ini adalah sebuah teknik yang diperlukan dengan tujuan utama menerima, menahan hingga mengontrol bola servis atau bola hasil pukulan dari lawan yang bertujuan untuk menyerang ti kita. Passing atas adalah istilah yang digunakan karena passing diambil dengan tangan berada tepat di atas depan muka.

Selain sebagai penahan serangan lawan passing atas ini bertujuan sebagai pemberi operan atau umpan kepada teman satu tim. Dengan demikian, suatu serangan pun dapat disusun secara baik dan sempurna. Terlebih lagi, bila passing atas dilakukan setter atau tosser, maka pemain dalam posisi tersebut bisa memberi umpan yang cukup bervariasi nantinya kepada lawan yang berposisi sebagai smasher.

Saat passing atas dapat menjadi awal dari variasi umpan atau variasi permainan bola voli oleh spiker atau smasher, tim lawan akan menjadi lebih sulit dalam menebak atau memblokir serangan-serangan smash yang diberikan. Sebelum melatih passing atas, mengetahui dan memahami teorinya akan lebih baik agar pembelajaran bisa lebih efektif.

  1. Melatih Jari-jari Tangan

Pada waktu melakukan passing atas, penting juga untuk mengetahui bahwa penggunaan ibu jari, telunjuk serta jari tengah adalah yang paling dominan. Jadi bila memang masih tergolong pemula dalam permainan bola voli, akan lebih baik untuk melatih lebih dulu pergelangan tangan hingga jari-jari. Dengan melakukan latihan fisik bola voli dan pemanasan yang cukup, cedera pada jari atau tangan pun bisa diminimalisir.

  1. Persiapan

Dalam melakukan passing atas, pemain perlu memerhatikan bahwa dalam teknik ini ada 3 bagian yang perlu dikuasai, yakni persiapan, gerakan, serta akhir gerakan yang perlu dilakukan secara sempurna. Maka dari itu, sebagai awal gerakan, perlu bagi kita mengetahui bagaimana cara melakukan persiapan untuk passing atas bola voli, yaitu dengan berbagai langkah berikut:

  • Awali dengan posisi berdiri di mana kedua kaki kita buka selebar bahu.
  • Pastikan untuk merendahkan lutut, yakni dengan menekuknya sedikit sampai tumpuan berat badan ada pada ujung kaki depan.
  • Sementara itu, khusus bagian lengan posisikan di depan badan dengan kedua telapak tangan sambil merenggangkan jari-jari sampai terbentuk seperti mangkok yang ada di atas wajah.

Selain itu, bila hendak melakukan servis atas dalam permainan bola voli, dalam persiapannya juga diperlukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Ambil posisi awal dengan berdiri di mana kedua kaki juga dibuat dalam posisi melangkah.
  • Pastikan berat badan ditumpukan ke kedua kaki.
  • Ketika tumpuan berat badan sudah tepat, condongkan badan sedikit ke depan dan bola dipegang di depan badan.
  1. Inti Gerakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tak hanya persiapan yang perlu dilakukan, tapi setelah gerakan persiapan, kita juga perlu masuk ke gerakan inti. Untuk passing atas, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar gerakan dapat sempurna.

Sponsors Link

  • Kedua lengan kita perlu dorong ke arah datangnya bola dan hal ini bisa dilakukan di saat yang sama dengan saat terangkatnya tumit beserta pinggul dan kedua lutut bersamaan.
  • Upayakan agar arah datang bola bisa berada tepat di tengah wajah kita tapi sebelah atas.
  • Perkenaan atau sentuhan dengan bola secara baik merupakan suatu hal yang tepat ketika mampu mengenai bagian ujung jari tangan.

Inti gerakan pada waktu melakukan servis atas dalam permainan bola voli pun perlu diperhatikan dan dilatih dengan baik oleh para pemainnya. Berikut ini adalah gerakan yang paling benar saat melakukan supaya tidak terjadi cedera atau hal-hal yang tak diinginkan.

  • Sebagai gerakan inti, pastikan bola dilambungkan ke arah atas tapi agak ke belakang dan gunakanlah tangan kiri dalam hal ini.
  • Tubuh pun bisa dilentingkan sedikit ke belakang ketika melambungkan bola tersebut.
  • Pukul bola dengan tangan kanan sewaktu gerakan badan diarahkan ke depan, lakukan di saat yang sama sambil juga mengaktivasi bagian pergelangan tangan saat memukulnya.
  1. Gerakan Akhir

Setelah persiapan dan gerakan inti, kita juga perlu menguasai bagaimana gerakan akhir dilakukan agar menjadi sempurna. Gerakan akhir dalam passing atas juga perlu diperhatikan karena bila salah pun dapat mengakibatkan cedera karena gerakan ini termasuk fundamental.

Sponsors Link

  • Pastikan untuk mengangkat tumit dari lantai sambil kedua lengan lurus bersamaan dengan pinggul serta lutut yang naik.
  • Pandangan yang benar dalam gerakan akhir ini adalah tetap berfokus pada arah gerakan atau arah datang bola.
  • Gerakan akhir pada passing atas adalah gerak mendorong di mana gerak ini adalah gerak dasar.

Gerakan akhir pada waktu melakukan servis atas yang juga perlu kita ketahui setelah menyimak bagaimana cara melakukan gerakan inti dan juga persiapannya adalah sebagai berikut.

  • Ikuti gerakan tubuh ke arah depan sambil kaki belakang dilangkahkan ke depan.
  • Gerakan ini pun merupakan dasar dari gerakan memukul, namun bila dibandingkan dengan gerakan passing atas yang sebenarnya, gerak ini lebih sederhana.
  1. Memerhatikan Kesalahan dan Mengoreksinya

Dalam latihan melakukan passing atas pasti ada kesalahan yang diciptakan oleh pemain yang melakukannya. Kesalahan paling umum di sini adalah ketika memberikan timing terhadap gerakan menyongsong bola sehingga nantinya bola justru dapat lolos pada waktu bersamaan dengan waktu yang dibutuhkan saat hendak mengatur bola.

Saat terjadi kesalahan, segera koreksi, yakni dengan cara memukul bola saat bola datang, tergantung dari mana arah datangnya juga. Dengan begitu, kita bisa menyesuaikan dan menekuk lutut, lalu juga sambil mengamati apa yang sedang terjadi pada bagian sisi lain net agar.

Cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli berbeda dari saat melakukan servis walau tampak mirip dan hal ini perlu dikuasai para pemain pemula bila ingin menjadi salah satu pemain bola voli terbaik sepanjang masa. Gerakan-gerakan passing atas tergolong fundamental dan diperlukan adanya dorongan yang kuat. Kiranya dengan informasi ini, para pemain pemula yang masih bingung dengan cara passing atas yang tepat dapat terbantu untuk melakukan yang terbaik dalam cara bermain bola voli yang benar.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 04:07 Oleh :
Kategori : Bola Voli