Inilah Urutan Gerak Spesifik Dalam Melakukan Tolak Peluru yang Wajib Diketahui!

Salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik adalah tolak peluru. Tolak peluru dilakukan dengan menolak peluru sejauh mungkin dari posisi berdiri. Tolak peluru harus dilakukan sesuai dengan urutan gerakan tolak peluru yang benar agar bisa melempar sejauh mungkin dan mengurangi resiko terjadinya cedera. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah urutan gerak spesifik dalam tolak peluru:

Pertama, letakkan peluru di pangkal leher dengan genggaman tangan yang kuat. Fokuskan pandangan ke arah bawah dan rilekskan badan agar lebih mudah melakukan gerakan selanjutnya. Luruskan tangan kanan ke arah bawah dengan rileks. Letakkan kaki kanan di depan sebagai tumpuan berat badan sedangkan kaki kiri lemas terjulur lurus ke belakang.

Kedua, angkat lengan kiri ke atas kepala, kemudian angkat kepala dan putar kaki kanan dan kiri ke arah tolakan dengan meluncurkan badan ke arah kiri. Posisikan kaki kiri di sebelah sisi kiri dan mulai memindahkan berat badan ke kaki kiri. Lakukan gerakan ini sekitar 2 hingga 3 kali untuk mendapatkan keseimbangan badan yang tepat saat akan melakukan tolakan.

Ketika sudah dirasa pas, pijakkan kaki kiri dan kaki kanan di atas tanah. Angkat kaki kanan sedikit untuk bersiap melakukan gerakan tolakan selanjutnya.

Ketiga, pastikan tubuh mengarah ke samping arah tolakan agar mudah untuk melempar peluru. Segera putar badan ke arah depan tolakan dengan diikuti gerakan tangan yang menolak peluru sekuat mungkin. Ketika peluru sudah lepas, segera pindahkan kaki kanan ke arah depan untuk menyeimbangkan badan agar tidak terjatuh di luar garis.

Tekuk kaki kanan untuk menopang berat badan yang berpindah ke kaki kanan. Luruskan kaki kiri yang berada di posisi belakang untuk menjaga keseimbangan badan. Luruskan tangan dengan rileks ke arah bawah.

Itulah urutan gerak spesifik dalam melakukan tolak peluru. Keseluruhan gerakan akan dapat dilakukan dengan baik dan benar jika sering melakukan latihan yang rutin. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan pemanasan yang cukup baik agar tidak mudah terkena cedera, apalagi tolak peluru membutuhkan tenaga yang cukup besar ketika melakukannya.