Teknik Melompat Lebih Tinggi Dalam Bola Voli

Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kekuatan kaki dan tangan yang terkoordinasi dengan baik. Melompat tinggi menjadi kemampuan yang sangat penting dalam bermain bola voli. Namun untuk bisa melompat dengan lebih tinggi membutuhkan beberapa trik khusus agar lompatan sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun beberapa cara agar mendapatkan lompatan yang tinggi saat bermain voli adalah dengan melakukan latihan yang mampu menguatkan otot-oto kaki. Dengan kaki yang memiliki otot yang lebih kuat, maka akan lebih mudah untuk melakukan lompatan yang lebih tinggi. Berikut ini adalah beberapa cara melompat tinggi dalam voli:

1. Latihan lompat tali

Untuk mendapatkan lompatan yang tinggi, tentunya membutuhkan latihan melompat sesring mungkin. Salah satu bentuk latihan agar mendapatkan lompatan yang tinggi saat bermain voli adalah dengan melakukan latihan lompat tali. 

Latihan lompat tali dilakukan dengan menggunakan tali. Lakukan lompatan di dalam tali sebanyak mungkin. Usahakan lakukan lompatan setinggi mungkin dan sejauh mungkin dari tali. Tambahkan jumlah lompatan setiap sesi latihan agar semakin mudah untuk melakukan lompatan yang lebih tinggi.

2. Latihan naik turun tangga

Untuk bisa melakukan lompatan yang tinggi dalam bola voli, kita membutuhkan otot kaki yang kuat. Salah satu latihan untuk mendapatkan otot kaki yang kuat adalah dengan melakukan latihan naik turun tangga.

Lakukan latihan naik turun tangga dengan menambah kecepatan naik turun tangga di setiap sesi latihan. Lakukan latihan ini sesering mungkin agar kaki lebih terbiasa melakukan lompatan kecil sehingga otot menjadi lebih kuat.

3. Latihan double leg bound

Latihan double leg bound adalah latihan dengan melakukan lompatan ke depan dan ke atas secara bersamaan. Latihan double leg bound dilakukan dengan cara berjongkok, lalu melakukan lompatan ke atas juga ke depan. Latihan ini akan menguatkan otot kaki, betis, dan juga pinggul.

4. Latihan knee tuck jump

Latihan knee tuck jump adalah salah satu rutinitas pliometrik yang tidak membutuhkan banyak peralatan dan memaksimalkan gerakan eksplosif. Latihan knee tuck jump dilakukan hampir sama dengan latihan double leg bound, hanya saja lompatan dilakukan ke atas saja, atau horizontal.

Latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri tegak lurus, lalu lakukan lompatan ke atas setinggi mungkin sambil menekuk kedua lutut agar menjadi sangat dekat dengan dada. Posisi badan setelah melakukan lompatan adalah berdiri tegak lurus seperti pada awalan.

Itulah beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk melakukan lompat lebih tinggi dalam bola voli. Lakukan latihan melompat sesering mungkin untuk mendapatkan lompatan terbaik.