7 Manfaat dan Tujuan Permainan Bulu Tangkis

Di Indonesia, permainan bulu tangkis sangatlah populer tidak kalah dengan permainan sepak bola. Akan tetapi, kedua permainan ini sangatlah berbeda. Dimana permainan sepak bola fokus pada kaki sedangkan permainan bulu tangkis lebih dominan pada gerak kaki dan lengan. Inilah cara bermain bulu tangkis untuk pemula. Pada permainan bulu tangkis, pemain menggunakan kok atau shuttlecock dan raket.

Untuk lebih jelasnya apa itu permainan bulu tangkis?. Permainan bulu tangkis adalah permainan dimana pemain menggunakan raket sebagai alat pemukul dan kok sebagai objek yang dipukul. Permainan ini dilakukan satu lawan satu atau dua lawan dua.

Jika Anda ingin menjadi atlet profesional, Anda bisa mengikuti cara menjadi atlet bulu tangkis. Dalam permainan ini, pemain harus memasukkan kok yang dipukul dengan menggunakan raket ke daerah lawan untuk mendapatkan poin. Sebelum memainkan bulu tangkis pelajarilah terlebih dahulu teknik dasar bulu tangkis.

Telah kami rangkum beberapa Tujuan permainan bulu tangkis, sebagai berikut :

1.Mengumpulkan Angka

Untuk memenangkan permainan bulu tangkis, pemain haruslah mengumpulkan angka sebanyak 21 angka. Hal ini diperlukan karena dalam permainan bulu tangkis, jika pemain mendapat angka 21 terlebih dahulu, maka dia adalah pemenangnya. Tentu saja untuk memenangkan permainan ini tidak terlepas dari skill dan teknik yang pemain kuasai.

2.Menyerang dan Bertahan

Salah satu tujuan permainan bulu tangkis adalah memukul bola ke daerah lawan agar dapat jatuh kemudian mendapatkan angka. Pemain juga harus bertahan agar kok atau shuttlecock tidak jatuh ke daerahnya sendiri.

3.Terhindar Dari Sejumlah Penyakit

Salah satu tujuan permainan bulu tangkis adalah memukul bola ke daerah lawan agar dapat jatuh kemudian mendapatkan angka. Pemain juga harus bertahan agar kok atau shuttlecock tidak jatuh ke daerahnya sendiri.Terhindar dari sejumlah penyakit

Permainan ini dapat menurunkan atau menghilangkan terjadinya masalah kesehatan, seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Diabetes
  • Jantung koroner
  • Penyumbatan pembuluh darah

Hal ini terjadi karena adanya kadar trigliserida yang dikurangi. Kemudian dengan olahraga rutin dan teratur tubuh akan menjadi sehat sehingga tubuh terhindar dari sejumlah penyakit.

4.Menguatkan Otot dan Sendi

Permainan bulu tangkis menggunakan banyak otot, seperti otot betis, paha, bokong, pinggul untuk melompat dan juga lari, sedangkan untuk memukul kok atau shuttlecock memakai otot lengan atas dan otot punggung. Pada dasarnya, permainan ini dapat membentuk dan menguatkan otot. Tentu saja ada keuntungan yang kita dapat dari otot yang kuat yaitu terhindar dari resiko cidera pada saat olaharaga atau ketika berkegiatan harian.

5.Fungsi Kognitif Otak Meningkat

Permainan bulu tangkis juga dapat meningkat fungsi kognitif otak. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh volume aliran darah yang meningkat pesat ke otak. Selama pemain aktif bergerak makan kerja saraf dan massa otak meningkat seiring berjalannya waktu. Kemampuan otak akan meningkat jika orang tersebut latihan kardio 30 menit setiap harinya atau paling tidak 5 kali dalam seminggu.


Dalam permainan bulu tangkis selain kemampuan otak yang berkembang, kemampuan kognitif juga akan berkembang dimana ketika pemain bermain di pertandingan, kognitif akan bekerja. Kognitif ini bekerja karena pemain harus memikirkan strategi yang akan digunakan dan memprediksi serangan lawan. Berkembangnya kemampuan kognitif akan mencegah terkenanya resiko demensia.

6.Tubuh Menjadi Bugar dan Berat Badan Turun

Sama seperti permainan bola voli, permainan bulu tangkis jug dapat membuat berat badan turun. Hal ini disebabkan karena kedua olaharaga ini merupakan jenis olahraga kardioa yang dapat membuat otot jantung kuat sehingga darah mudah mengalir. Mudahnya darah mengalir akan mempermudah pembakaran lemak.

Ketika berolahraga tentu saja metabolism juga akan bekerja. Jika metabolism dapat bekerja dengan baik maka tubuh akan bugar dan sehat. Metabolisme yang baik juga akan mempermudah pembakaran lemak dimana walaupun kita sudah berhenti olahraga atau pada masa istirahat, pembakaran itu masih saja terjadi.

Dibandingkan dengan berlari, menyelam, dan main sepak bola, permainan bulu tangkis akan lebih banyak membakar kalori. Kalori yang dibakar bisa sampai 450 kalori/jam. Olahraga ini bisa dimainkan dari anak-anak sampai lansia sehingga olahraga ini cocok dimainkan oleh semua kalangan. Dan kemudian memperoleh tubuh yang kuat dan berat badan yang ideal.

7.Mengurangi Stress

Tidak jauh beda dengan tujuan utama permainan bola voli, tujuan permainan bulu tangkis adalah mengurangi stress. Yang harus pelaku olahraga ketahui adalah ketika mereka berolahraga sejumlah hormone akan dilepas oleh otak yang membuat mood bahagia. Hormon tersebut adalah endorphin, dopamine, serotonin dan triptofan.

Hormon ini akan menghilangkan stress dan menggantikannya dengan mood bahagia sehingga kualitas tidur pun akan diperbaiki secara tidak langsung. Karena itu untuk menghilangkan beberapa penyakit mental, olahraga sering dijadikan terapi tambahan. Hal ini sangat membantu karena mengobrol, bersenda gurau dan bahkan bertukar pikiran pada saat atau sesudah pertandingan.

Itulah beberapa tujuan permainan bulu tangkis yang harus Anda ketahui. Permainan voli memiliki tujuan yang bisa dilihat dari segi olahraga itu sendiri dan dari segi kesehatan. Untuk mendapatkan tujuan diatas diperlukan latihan yang rutin dan teratur.