4 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Jauh

Dalam cabang atletik, olahraga lompat jauh adalah salah satu nomor yang dipertandingkan dalam berbagai ajang kompetisi olahraga dunia. Jumlah atlet yang bertanding dalam cabang olahraga lompat jauh pun tidak sedikit.

Namun untuk bisa melakukan lompat jauh yang baik harus pula mengerti bagaimana cara memperbaiki dan menghindari kesalahan yang sering terjadi dalam lompat jauh. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam lompat jauh:

1. Melakukan latihan sprint

Salah satu kesalahan dalam olahraga lompat jauh adalah kurangnya kecepatan lari saat mendekati papan tolakan. Kecepatan lari yang tidka stabil dan kurang ini bisa diperbaiki dengan melakukan latihan sprint sesering mungkin.

Latihan sprint akan membantu pelompat mampu mengendalikan kecepatan larinya mulai dari yang rendah, sedang, hingga kecepatan yang paling tinggi sehingga ketika melakukan awalan hingga lompatan, ia akan mampu mengumpulkan energi yang kuat untuk melakukan lompat jauh.

2. Melatih otot kaki

Dalam lompat jauh, kekuatan kaki sangatlah penting. Sering kai akibat kurang kuatnya tolakan yang dilakukan akibat lemahnya otot kaki menyebabkan lompatan menjadi pendek dan tidak mencapai jarak yang diinginkan.

Unutk mengatasi hal ini, maka biasakan untuk melakukan latihan menguatkan otot kaki. Latihan yang dilakukan biasanya berupa lari sprint, lompat tali, berlari di anak tangga, dan latihan menggunakan kaki lainnya.

3. Lebih berani menjulurkan kaki

Beberapa orang yang melakukan lompat jauh justru takut untuk menjulurkan kakinya saat akan melakukan pendaratan. Perbuatan semacam ini justru akan menyebabkan jarak lompatan menjadi sangat pendek. Tidak perlu takut untuk menjulurkan kaki saat melakukan pendaratan. Dengan menjulurkan kaki, maka jarak yang dicapai akan lebih jauh dan badan menjadi lebih seimbang saat mendarat.

4. Mendarat dengan kedua kaki

Selain menjulurkan kaki saat akan melakukan pendaratan. Hal lain yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan dalam lompat jauh adalah mendarat dengan menggunakan dua kaki. Jangan gunakan pantat untuk mendarat karena hal ini akan menyebabkan jarak lompatan menjadi pendek.

Julurkan kaki dan mendaratlah dengan menggunakan kedua kaki. Tekuk kedua kaki untuk menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh. Dengan begitu, maka pendaratan akan berjalan dengan mulus dan jarak yang didapat tidak akan mengecewakan.

Itulah 4 cara memperbaiki kesalahan dalam lompat jauh yang perlu diperhatikan. Meskipun kesalahan tersebut sering terjadi, namun dengan melakukan latihan yang rutin akan dapat dengan mudah dihindari.