Inilah Manfaat Lompat Harimau yang Perlu Diketahui!

Lompat harimau adalah salah satu bentuk senam lantai yang banyak dipraktekkan di sekolah. Olahraga ini sangat baik untuk semua usia karena memiliki banyak manfaat. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa manfaat lompat harimau:

Meningkatkan kesehatan jantung

Lompat harimau adalah salah satu olahraga yang membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk melakukannya. Dengan tenaga yang cukup besar, maka otot jantung juga akan bekerja lebih maksimal. Disinilah jantung akan dipicu untuk bekerja dengan aktif sehingga otot jantung menjadi lebih kuat.

Membuat tubuh jadi lebih langsing

Gerakan dalam lompat harimau bukan hanya baik untuk jantung, tapi juga untuk membentuk tubuh agar menjadi tampak lebih indah. Sering melakukan latihan lompat harimau akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak sehingga tubuh akan tampak lebih langsing.

Gerakan berguling ke depan membutuhkan kekuatan otot perut agar bisa dilakukan dengan sempurna. Dengan begitu, lemak yang ada di sekitar perut akan dibakar sehingga perut menjadi lebih rata dan indah.

Meningkatkan kelenturan tubuh

Lompat harimau membutuhkan ketangkasan dan kelincahan dalam melaksanakannya. Dengan gerakan berguling ke depan, lompat harimau akan membuat tubuh menjadi lebih lentur. Otot yang digunakan pada saat melakukan lompat harimau menjadi lebih elastis dan kuat.

Otot yang sering dilatih dengan lompat harimau akan lebih mengembang dan jauh lebih kuat dibandingkan dengan otot yang sangat jarang dilatih. Selain itu, latihan lompat harimau juga akan membantu menguatkan tulang karena sendi-sendi diantara tulang sering dilatih.

Melancarkan metabolisme tubuh

Ketika melakukan gerakan lompat harimau, seluruh anggota badan akan bekerja dengan baik. Hal ini juga akan memicu terjadinya proses metabolisme yang lancar. Metabolisme yang lancar akan membuat seluruh anggota tubuh menjadi lebih sehat karena kapasitas oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke dalamnya dapat dipenuhi dengan baik.

Itulah beberapa manfaat melakukan lompat harimau yang bisa dirasakan. Baik untuk pemula maupun profesional, melakukan lompat harimau tetap harus dilakukan dengan pemanasan terlebih dahulu sehingga tidak akan terjadi cedera.