Inilah 18 Tujuan Lompat Jangkit Secara Umum dan Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar lompat jangkit? Jika belum, olahraga ini pada dasarnya merupakan olahraga cabang atletik yang memiliki kemiripan dengan lompat jauh. Lalu apa bedanya lompat jangkit dan lompat jauh? perbedaan lompat jauh dan lompat jangkit terletak pada jumlah tahap lompatannya.

Pada olahraga lompat jauh hanya terdapat 1 lompatan berupa 1 kali tolakan, satu kali melayang dan satu kali mendarat. Sedangkan lompat jangkit membutuhkan kekuatan dan teknik yang lebih dari lompat jauh. Kondisi ini bisa dilihat dari 3 tahapan lompatan berupa 3 kali tolakan, 3 kali melayang dan 3 kali mendarat.

Tiga tahap lompatan/teknik dasar lompat jangkit

  • Hop adalah dimana atlet akan menggunakan kaki terkuat yang terkuat sebagai tolakan untuk melompat.
  • Skip adalah dimana atlet akan menggunakan kaki yang sama untuk melakukan tolakan selanjutnya karena itu sangat penting bagi atlet untuk menggunakan kaki yang paling kuat.
  • Jump adalah dimana atlet melakukan lompatan panjang yang diawali dengan lompatan.

Apakah Anda mengenal atlet yang namanya James Connoly? Jika Anda menyukai olahraga ini pasti Anda kenal karena atlet ini merupakan atlet yang memenangkan olahraga lompat tali pada olimpiade pertama di Yunani pada tahun 1896.

Sedangkan dalam mitologi Irlandia, olahraga ini telah ada pada pertandingan Irlandia kuno yang dipanggil Tailteaann Game. Pertandingan ini sudah ada diperkirakan pada awal 1829 SM. Pada awalnya olahraga ini hanya boleh diikuti oleh laki-laki, akan tetapi pada tahun 1996 perempuan sudah diperbolehkan untuk mengikuti kejuaraan lompat jangkit. Kejuaraan tersebut diadakan pada olimpiade Atlanta.

Olahraga lompat jangkit ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan dari olahraga itu sendiri secara umum adalah :

  1. Menekankan pusat berat tubuh di udara kea rah yang diinginkan dengan mengaplikasikan tiga tahap teknik dasar lompat jangkit seperti hop, step, jump.
  2. Menjaga jarak yang tergantung paa kecepatan lari, arah dan juga kekuatan. Awalan dan setiap take off harus diperhatikan karena hal ini sangatlah penting untuk mendapakan lompat jangkit yang baik.
  3. Menjaga pendaratan/ tolakan setelah melakukan lompatan
  4. Menjaga keseimbangan dan kecepatan horizontal melalui beberapa lompatan yang dilakukan secara berturut-turut.
  5. Atlet dapat melakukan urutan gerak lompat jangkit
  6. Atlet dapat melakukan irama gerak lompat jangkit
  7. Atlet dpat melakukan lompatan yang cukup jauh dari awalan yang pendek tanpa usaha maksimala.

Secara umum, itulah beberapa tujuan lompat jangkit berdasarkan olahraga itu sendiri. Namun, bagaimana dengan tubuh? Apakah manfaat dari latihan lompat jangkit pada tubuh kita? Secara tidak langsung, hasil dari lompat tali itu sendiri bisa dirasakan jika Anda berlatih secara rutin dan teratur. Beberapa manfaat yang langsung bisa Anda rasakan setelah Anda melakukan olahraga ini, diantaranya:

  1. Melancarkan peredaran darah yang mana memberi nutrisi pada kulit tubuh. Ini akan membuat kulit terhindar dari timbulnya jerawat.
  2. Membuat otot kaki kuat sehingga kaki akan sehat. Kondisi ini bisa tercipta karena setiap melompat, kaki akan menahan dan mengangkat tubuh kita. Olahraga ini akan membuat Anda berlatih cardio dan training penguatan tubuh secara langsung.
  3. Olahraga ini akan menghilangkan racun-racun yang ada pada tubuh kita karena racun tersebut akan keluar dari keringat yang telah dihasilkan oleh tubuh. Keluarnya racun ini juga bisa disebut detoksifikasi.
  4. Olahraga ini juga dapat menyeimbangkan tubuh karena saat olahraga lompat jangkit otak akan terlatih untuk mensinkronisasikan kerja tubuh khususnya antara kaki dan tangan.
  5. Tubuh akan tumbuh tinggi karena pada dasarnya dengan olahraga lompat dapat membuat tubuh seseorang tinggi
  6. Dapat memperkuat sendi dan mencegah penyakit tulang rapuh. Hal ini bisa terjadi karena tubuh menyesuaikan keadaan ketika melakukan olahraga sehingga hari demi hari tulang dan sendi akan menjadi kuat khususnya pada bagian kaki.
  7. Meningkatkan kesehatan mental. Karena ketika melompat, asupan oksigen yang masuk akan banyak sehingga sel-sel otak akan menjadi energik. Kondisi ini akan membuat konsentrasi juga meningkat.
  8. Cocok untuk menurunkan berat badan karena olahraga ini membakar kalori dan juga dapat meningkatkan metabolisme.
  9. Olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh sehingga dapat membuat jantung bekerja lebih efisien.
  10. Olahraga ini juga dapat mengurangi selulit dengan cara meningkatkan sirkulasi limfosot ke daerah yang selulit. Cairan ini bersirkulasi ke daerah selulit melalui gerakan melompat tersebut.
  11. Latihan lompat ini juga berfungsi untuk meningkatkan kontrol diri pada irama gerakan, kecepatan, serta postur tubuh yang tepat.

Diatas merupakan beberapa tujuan dan manfaat dari lompat jangkit. Pada dasarnya, siapapun dapat mencoba olahraga ini dengan melakukan latihan yang teratur dan rutin. Yang terpenting, Anda mengetahui teknik dan cara bagaimana melakukannya.