8 Cara Memukul Bola Voli Biar Keras saat Melakukan Smash

Setelah menguasai cara bermain bola voli yang benar, untuk menjadi pemain yang lebih baik tentu saja cara memukul bola voli biar keras dan sempurna menjadi hal berikutnya yang perlu dipelajari. Baik itu permainan bola voli pantai maupun bola voli indoor, kunci permainan yang baik adalah keseimbangan, kelincahan dan juga kekuatan serta kecepatan.

Dalam teknik permainan bola voli pun kita mengenal istilah smash di mana proses memukul haruslah sekeras mungkin. Namun mungkin ada beberapa pemain bola voli yang masih perlu meningkatkan latihan memukul agar lebih keras hasilnya di mana juga menjadi bagian dari syarat menjadi pemain voli yang handal. Di bawah ini adalah sejumlah langkah yang dapat dilakukan supaya hasil pukulan bisa maksimal.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika tubuh memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, keterampilan olahraga apapun akan dapat dilakukan dengan sangat baik. Bahkan dalam memukul bola voli supaya lebih keras, caranya tentu saja adalah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Tubuh yang kuat akan memberikan performa lebih baik, yakni seperti mengoper, memblokir, dan menyerang.

  1. Melatih Daya Tahan Tubuh

Bila daya tahan tubuh sedang dalam kondisi yang oke dan kuat, maka bisa dilatih agar kemampuan memukul bola voli juga dapat makin keras, seperti misalnya melakukan serangkaian latihan di bawah ini:

  • Mengawali dengan posisi push up di mana siku berada pada sudut 90 derajat sambil lengan harus juga dalam keadaan menyentuh lantai sambil mengarah ke depan.
  • Kuncilah bagian kaki dan pastikan kaki dibuka selebar bahu lebih dulu dan kepala, kaki serta punggung berposisi dalam garis lurus.
  • Latihan semacam ini bisa dilakukan oleh setiap pemain bola voli, terutama atlet voli selama 30-45 detik lamanya.
  1. Melatih Jumping

Jangkauan lompatan sangat perlu untuk dilatih di mana lompatan tinggi adalah kunci dari pukulan yang keras dan lebih sempurna. Lompatan tinggi tak hanya membantu memukul bola voli lebih keras pada teknik smash, tapi juga berguna sewaktu kita melakukan blocking yang bertujuan sebagai penghalau tembakan dari lawan.

  • Posisi kaki di awal bisa dibuka selebar bahu sambil menekuk lutut sedikit di mana lengan juga diposisikan pada sisi tubuh.
  • Ambil juga posisi jongkok lalu kedua lengan bisa diayun secara serempak seraya melakukan lompatan supaya dapat mengambil jarak.
  • Saat mendarat, kaki dua-duanya dapat menyentuh tanah bersama-sama dengan bahu lebarnya diseimbangkan satu sama lain. Berulah kemudian gerakan lompatan yang sama bisa kembali dilakukan.
  • Pemain voli disarankan untuk melakukan latihan ini sebanyak 6 set. Lakukan 10 lompatan setiap setnya dan pastikan lompatan tersebut dibuat lebar-lebar.
  1. Memperkuat Genggaman Tangan

Supaya bisa memperoleh hasil pukulan bola voli yang maksimal dan keras, satu hal yang pasti perlu diperhatikan adalah genggaman tangan yang kuat. Saat akan memukul bola khususnya pada teknik smash, maka supaya pukulan dijamin keras, kita bisa melatih otot tangan agar genggaman bisa lebih kuat dan mampu memukul secara maksimal. Memperbanyak latihan fisik bola voli adalah rahasia agar genggaman tangan juga lebih baik.

  1. Memperkuat Ayunan Bahu

Supaya pukulan smash bisa keras, tajam dan kuat, ayunan tangan itu penting dan memainkan peran yang sangat besar. Agar dapat melakukan pukulan sekeras-kerasnya, ada beberapa langkah latihan untuk dilakukan, yakni:

  • Gunakan bahu untuk pemanasan dengan mengayunkannya 10 kali ke arah depan lalu ke belakang dengan hitungan yang sama sambil kedua tangan bisa kita luruskan.
  • Akan ada sensasi panas yang muncul sesudah melakukan langkah pertama dan setelahnya dapat dilanjutkan dengan mengayunkan tangan yang sudah diberi beban. Namun pastikan lebih dulu kalau otot telah tegang dan memang sudah siap betul untuk diberi tekanan.
  • Untuk latihan ini tak perlu melakukannya dengan bola voli, cukup dengan menggunakan barbel yang simpel. Bahkan tak masalah juga untuk memodifikasi beberapa benda yang ada di sekitar kita untuk berperan sebagai beban, contohnya saja botol Aqua yang telah lebih dulu diisi pasir.
  • Latihan ini bisa dilakukan secara teratur oleh para pemain bola voli setidaknya setiap latihan 100 kali. Asalkan melakukannya teratur, maka kekuatan ayunan bahu dan tangan lebih bisa diandalkan.
  1. Meningkatkan Kelincahan Gerakan

Pada olahraga bola voli, penting untuk juga bisa bergerak secara lincah. Untuk bisa meningkatkan kelincahan pada waktu melakukan lompatan pada olahraga bola voli, latihan-latihan seperti di bawah ini adalah yang perlu dilakukan secara teratur.

  • Posisi kaki keduanya dapat dirapatkan dan diluruskan sambil melakukan lompatan ke arah depan hingga ujung garis, lalu melompat ke belakang juga.
  • Gerakan lompatan ini dapat divariasikan dengan melakukan lompatan maju mundur maupun ke kanan dan kiri.
  • Dengan banyak berlatih melompat seperti itu, tingkat kelincahan gerakan pasti akan meningkat dan inilah yang dibutuhkan juga dalam permainan bola voli, khususnya pada gerakan smash.
  1. Burpees

Melakukan burpees adalah contoh latihan yang tepat ketika ingin melakukan gerakan pukulan smash yang maksimal dan keras. Burpees sendiri merupakan latihan tubuh di mana anggota tubuh yang dilibatkan antara lain adalah bagian kaki, otot dada dan juga lengan. Latihan ini dianjurkan untuk dilakukan dalam sebuah gerakan yang terus-menerus alias kontinyu.

  • Ambil posisi seperti posisi hendak berlari.
  • Lanjutkan dari posisi ancang-ancang lari ke posisi push up.
  • Selanjutnya, push up bisa dilakukan sebanyak 10-20 kali yang lalu diteruskan dengan gerakan lompatan untuk kembali pada posisi awal tadi.
  • Setelah dari posisi tersebut, kita bisa meneruskannya dengan gerakan lompatan sambil tangan diangkat dalam gerakan voli saat blocking.
  • Jadi inti dari latihan ini adalah gerakan push up yang dilanjutkan dengan melompat, blocking, mundur dan kemudian kembali pada posisi awal lagi.
  1. Tidak Melakukan Lompatan Terlalu Tinggi

Supaya pukulan smash bisa keras dan optimal, gerakan lompatan sebaiknya justru tak boleh terlalu tinggi. Alasan mengapa lompatan tak boleh tinggi-tinggi adalah karena gerakan tersebut hanya bakal menjadikan tenaga lebih cepat habis. Karena tenaga sudah dipergunakan untuk melompat sekuat tenaga, maka hasil pukulan yang seharusnya bisa maksimal menjadi kurang keras nantinya.

Demikianlah beberapa cara memukul bola voli biar keras pada waktu smash yang kiranya dapat menjadi tips bagi para pemain voli yang ingin bermain lebih maksimal selain melengkapi perlengkapan olahraga bola voli. Tentu saja latihan yang teratur adalah kunci untuk performa yang lebih baik dari sebelumnya berikut juga menghindari kesalahan umum pada saat servis dalam bola voli.