Pengertian Lempar Lembing dan Cara Melakukannya

Apakah anda tahu apa itu olahraga lempar lembing? Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan mengenai pengertian lempar lembing serta apa saja teknik lempar lembing yang harus dikuasai oleh setiap atlet agar ia bisa menjadi seorang atlet lempar lembing yang handal.

Pengertian lempar lembing adalah olahraga yang masuk kedalam salah satu olahraga atletik untuk nomor lempar. Alasan mengapa dinamakan lempar lembing adalah karena memang alat yang digunakan untuk melempar disebut dengan lembing. Seperti halnya ketika anda mempelajari cara memegang raket bulu tangkis, anda juga harus benar-benar belejar mengenai bagaimana cara memegang lembing yang baik agar supaya lemparan anda bisa jauh.

Alasanya adalah karena tidak sedikit orang yang malah lalai terhadap kesalahan dalam lempar lembing seperti ketika pemain memegang lembing dengan terlalu kuat atau keras maupun juga ketika pemain tersebut tidak meningkatkan kecepatan ketika sudah semakin siap untuk melempar lembing tersebut.

Setelah anda memahami pengertian lempar lembing, maka kali ini anda harus memahami tentang apa saja teknik dasar lempar lembing yang memang wajib dikuasai oleh setiap pemain yang ingin menjadi atlet lempar lembing yang handal.

1. Cara memegang lembing

Sebenarnya untuk cara memegang lembing, terdapat dua cara yakni cara Amerika dan juga cara Finlandia. Untuk cara Amerika silahkan simak baik-baik penjelasan dari kami berikut ini:

  • Anda harus memegang lembing pada bagian belakang lilitan dengan menggunakan jari telunjuk yang melingkar pada bagian belakang lilitan tersebut.
  • Kemudian ibu jari harus menekan pada bagian permukaan yang lainnya.
  • Jangan lupa bahwa jari-jari lainnya juga harus melingkar pada bagian lembing secara longgar

Sementara untuk cara memegang lembing dengan teknik Finlandia adalah sebagai berikut:

  • Anda pegang lembing pada bagian belakang lilitan dengan menggunakan jari tengah dan juga ibu jari.
  • Kemudian jari telunjuk harus berada di sepanjang batang lembing tersebut dan kemudian anda posisikan agak sorong ke arah sewajarnya.
  • Jangan lupa pada bagian ini jari-jari lain anda harus melingkar pada bagian badan lembing dan melingkar.

2. Cara membawa lembing

Sebenarnya terdapat tiga cara umum di dalam membawa lembing yang biasanya memang dilakukan oleh atlet-atlet lempar lembing profesional. Beberapa cara yang harus anda perhatikan akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama, anda harus membawa lembing tersebut dan kemudian anda letakkan pada bagian atas bahu, pastikan bahwasanya mata lembing menghadap ke arah atas.
  • Kedua, anda harus membawa lembing tersebut pada bagian belakang badan anda sepanjang alur lengan, tahap ini juga harus anda pastikan bahwa mata lembing telah menghadap ke serong atas dan kedepan.
  • Ketiga, anda harus membawa lembing di atas bahu dan pastikan bahwasanya mata lembing telah menghadap ke bawah.

3. Melempar lembing

Khususnya teknik lemparan yang mana jika anda tidak memperhatikan secara cermat, maka anda tidak bisa melakukan lemparan dengan maksimal.

  • Teknik awalan, dimana anda harus berlari sambil membawa lembing di atas kepala anda dan jangan lupa posisi lengan harus ditekuk. Posisikan sikut anda menghadap ke arah atas serta telapak tangan yang harus menghadap ke atas juga. Posisikan lembing tersebut agar supaya sejajar dengan garis paralel dengan tanah. Untuk teknik awalan ini bisa anda lakukan dengan jingkat, langkah silang ke depan, atau langkah silang ke belakang.

  • Teknik lemparan, anda harus menarik bahu anda sambil lengan melakuakn lemparan dengan melalui poros bahu secara kuat ke arah depan atas. Pastikan bahwasanya badan anda bergerak melalui kaki depan, dan kemudian anda lepaskan lembing tersebut.
  • Teknik akhiran, gerakan ini mengharuskan kaki anda melangkah ke depan dan anda juga harus menyeimbangkan gerak anda agar supaya tidak sampai terjatuh atau juga tidak sampai melebihi garis lemparan yang telah ditentukan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai pengeritan lempar lembing serta apa saja teknik dasar lempar lembing yang harus diperhatikan. Selain itu, anda juga harus memahami mengenai apa saja kesalahan dalam lempar lembing yang jarang diperhatikan sehingga terkadang membuat pemain tersebut malah tidak bisa melakukan lemparan dengan maksimal.

Beberapa kesalahan di dalam permainan lempar lembing yang jarang diperhatikan antara lain:

  • Pemain memegang lembing terlalu kuat
  • Pemain atau atlit tidak menekuk tangan kiri ketika melempar lembing
  • Pemain berhenti terlebih dahulu setelah melakukan langkah silang
  • Kaki kanan atlet tidak dilangkahkan pada saat ia melempar lembing, tentu saja seharusnya ketika atlet melemparkan lembing, maka ia harus memastikan bahwasanya kaki kanan meluncur ke tanah