47 Istilah Dalam Bola Voli ini, Pasti Dipakai dalam Pertandingan

Bola voli merupakan olahraga yang di ciptakan oleh seseorang yang bernama Wiliam G.morgan, yang berasal dari amerika serikat tepatnya pada tahun 1895. Pada awal di ciptakanya bola voli, permainan ini hanya tumbuh di benua amerika dan juga eropa maka tidak heran jika istilah – istilah yang ada pada bola voli menggunakan bahasa inggris. Mungkin kita sudah sering mendengan akan tetapi belum tentu kita mengerti dari maksut istilah tersebut.

peraturan permainan bola voli pun juga di atur oleh FIVB / Feration Internationale De Volley Ball, yang merupakan induk organisasi voli di dunia. Nah di Indonesia sendiri peraturan ini di buat dan di detatapkan oleh badan PBVSI / Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang merupakan induk organisasi bola voli di Indonesia.

Nah pada artikel kali ini kita akan memberikan contoh dan penjelasan tentang istilah – istilah yang ada dalam bola voli dan kesalahan dalam permainan bola voli, semua ini bertujuan untuk menambah pengetahuan kita agar kita tidak bingung saat menyaksikan lomba bola voli atau malah saat bermain bola voli. Langsung simak berikut ini :

47 Istilah dalam permainan bola voli :

  1. Ace spiker : pemain bola voli yang bekerja menyerang dengan bola – bola open atau pembuka dan tinggi di atas net
  2. Quicker : pemain yang bertugas untuk menyerang bola – bola cepat dengan keadaan yang tidak tinggi ( 0 – 0,5 meter ) di atas net
  3. Smasher : pemain yang mempunyai tugas untuk melakukan smash dalam bola voli, ini merupakan salah satu pemain utama.
  4. All round spiker : pemain yang mempunyai kemampuan bertaha dan menyerang, pemain ini harus pandai untuk mengolah bola – bola semi tanggung.
  5. Toser : pemain yang bertugas untuk mengumpan bola kepada smasher
  6. Universal : pemain yang serba bisa / semuanya bisa
  7. Cross spike : pemain yang mempunyai kemampuan untuk melakukan smash silang
  8. Straight spike : pemain yang mempunyai kemampuan untuk smash lurus
  9. Quic smash : pemain yang mempunyai kemampuan untuk smash cepat
  10. Semi smash : yang dapat melakukan smash dengan umpan bola tanggung.
  11. Push smash : melakukan smash dengan umpan dorongan bola smash
  12. Service : merupakan istilah untuk pukulan pertama
  13. Out ball : ketika bola voli meninggalkan lapangan
  14. Frontal smash : melakukan smash depan
  15. Run up : ketika anda lari untuk menjangkau bola untuk melakukan smash
  16. Take off : lompatan saat anda melakukan smash
  17. Hitt : ketika memukul bola saat melakukan smash
  18. Landing : gerakan pendaratan saat setelah melakukan smash
  19. Over ball : istilah dimana ketika anda sebelumnya melakukan service, bola berpindah ke pihak lawan dan lawan yang akan melakukan service, ini merupakan kesalahan umum pada saat servis dalam bola voli
  20. Block : seseorang yang membendung pukulan smash dari lawan
  21. Change of court : penukaran tempat
  22. Chang of position : pertukaran pemain yang terjadi setelah pukulan service
  23. Cover close : gerakan menutup daerah nya sendiri dengan rapat, terjadi di karenakan serangan musuh yang agresif atau bertubi – tubi.
  24. Cover of attack : istilah untuk mnahan atau menutup daerah serangan
  25. Deciding game : istilah yang di pakai untuk pertandingan penentuan / pertandingan terakhir
  26. Deciding set : waktu akhir dari pertandingan.
  27. Double foul : sebuah istilah untuk adanya sebuah kesalahan bersama.
  28. Double hit : istilah untuk pukulan ganda yang di lakukan oleh salah satu pemain
  29. Driving service : istilah yang di berikan kepada bola service yang mlengkung keras tepat di atas net.
  30. Dum play : istilah untuk bola tipuan smash, atau sebuah gerakan tipuan melakukan smash dan ternyata bola malah di pukul pelan.
  31. Floating service : istilah untuk pukulan serivis yang bergelombang
  32. Digging : sebuah teknik yang di gunakan pemain untuk bertahan atau menjaga bola , baik keras, lambat ,dll agar kembail naik dan dapat di main kan . 
  33. Downt of the line : istilah dari serangan di mana ketika bola di pukul dari garis tepi penyerang dan melaju lurus di sepanjangan garis tepi lawan yang sama.
  34. Libero : pemain belakang, dan di anggap sebagai salah satu pemain khusus. Pemain ini hanya bermain pada barisan belakang. Libero tidak dapat mengumpan bola ke penyerang pada garis depan atau garis serangan dan tidak di perbolehkan menyerang bola dari atas puncak net.
  35. Lift : istilah dari pelanggaran ketika pemain memegang bola
  36. Line up : daftar pemain dan posisi pemain dalam pertandingan
  37. Loss of rally : hukuman yang di berikan kepada tim yang saaat melakukan servis melanggar peraturan, hal ini menimbulkan lawan di berikan kesempatan servis dan di beri poin.
  38. Pepper : istilah untuk latihan melakukan passing, mengumpan, dan memukul bola balik ke arch satu sama lain, sering di lakukan untuk pemanasan.
  39. Roll shot : istilah dari suatu pukulan yang lemah / off speed yang di lakukan pemain
  40. Screen : suatu tindakan yang tidak sah yang melibatkan 1 pemain atau lebih yang di lakukan bertujuan untuk menghalangi pemain yang akan melakukan servis.
  41. Side out : terjadi ketika tim penerima servis mendapatkan hak untuk melakukan servis dengan kondisi memenangkan raly.
  42. Spike : sebuah pukulan yang kuat dan diarah kan dengan keras yang bertujuan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan tim lawan.
  43. Substitusi : istilah untuk seseorang pemain yang masuk ke dalam pertandingan untuk menggantikan pemain lainya.
  44. Transisi : melakukan pergantian posisi, semisal pergantian tim bertahan menjadi ke penyerang begitu pula sebaliknya.
  45. Jumping service : istilah untuk service yang di lakukan dengan melompat.
  46. FIVB : Federation International De Volley Ball
  47. PBVSI : Peraturan Bola Voli Seluruh

Nah dengan sudah mengerti istilah – istilah dalam permainan bola voli anda dapat lebih mudah untuk melakukan latihan suatu gerakan karna sudah mengetahui nama gerakanya, jadi anda dapat menjalani latihan cara bermain bola voli yang benar supaya aksi di lapangan makin memukau. Selain itu anda juga dapat menjalani latihan fisik bola voli latihan ini bertujuan agar anda tidak mudah lelah saat bermain bola voli, karena dalam permainan bola voli banyak sekali gerakan yang harus anda lakukan dan menggunakan tenaga yang cukup besar juga, seperti berlari, melompat, mumukul bola cepat, dll

Ketika anda ingin menjalani sebuah latihan untuk permainan bola voli anda juga harus memperhatikan perlengkapan bola voli yang anda gunakan. Karna ketika anda menjalani suatu latihan dan tidak menggunakan perlengkapan yang mumpuni anda bisa terkena satu dari  macam – macam cidera olahraga, Nah tentunya anda tidak maukan terkena cidera di saat anda menjalani latihan yang tentunya akan berdampak menghambat latihan anda karena anda kan tidak bisa menjalani latihan dalam beberapa hari.